Cara Mengenal dan Belajar Kunci Gitar dengan Mudah

Cara Mengenal dan Belajar Kunci Gitar dengan Mudah - Hallo kawan-kawan pecinta musik di tanah air. Bagaimana tentang cara bermain gitar yang telah saya bagikan pada postingan sebelumnya?.. berapa hari anda dapat menguasainya. Pembaca blog ini pastinya pecinta musik yang ingin belajar gitar dengan mahir. Jadi dengan mengiringi dengan gitar, musik akan semakin asik untuk dinikmati. Belajar gitar sangat menyenangkan karena ini adalah suatu hiburan namun akan lebih bagus lagi jika ini merupakan hobby sobat.

Postingan sebelumnya saya telah mengajarkan cara yang paling sederhana untuk bermain gitar dan saat ini saya ingin melanjutkan bahasan tentang cara bermain gitar. Jika tahap yang kemarin sudah anda kuasai sekarang saatnya mendalami tentang Kunci Dasar Gitar.

Apa itu Kunci Dasar Gitar?..
Kunci Dasar Gitar merupakan chord gitar yang paling dasar dan perlu diketahui agar lebih paham tentang pengembangan bermain gitar nantinya. Kunci ini terdiri dari kunci mayor dan minor. Kunci gitar tersebut antara lain yaitu A, Am, B, Bm, C, Cm, D, Dm, E, Em, F, Fm, G, Gm. Sebelum anda ingin mengetahui sebaiknya anda pelajari yaitu teknik menekan senar gitar.

1. Teknik Menekan Senar Gitar
Teknik ini merupakan cara untuk menekan senar gitar menggunakan jari dengan benar dan tepat sehingga menghasilkan nada yang pas. Lihat gambar tangan dibawah ini.

Bagian-bagian jari yang memiliki angka diatas digunakan untuk menekan senar gitar.

2. Gambar Kunci Dasar Gitar Lengkap
Di setiap bagian gambar kunci dasar gitar terdapat 2 simbol yang perlu anda ketahui. Simbol tersebut bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Kunci Dasar
 Keterangan:
Simbol X = pada senar ini, senar tidak berbunyi (tidak dipetik)
Simbol O = pada senar ini, senar ikut berbunyi (dipetik)
Silahkan kuasai kunci dasar gitar diatas sehingga anda akan lebih lihai memainkan gitar. Untuk menguasainya dengan cepat maka cobalah satu persatu kemudian baru pindah ke chordnya yang lainnya. Gambaran tips untuk menghafalnya adalah sebagai berikut ini.

Cara Mengenal dan Belajar Kunci Gitar dengan Mudah
Pertama cobalah kunci dasar A sebanyak 10 kali. Setelah mahir baru pindah ke kunci dasar Am. Pada saat pindah usahakan ulangi kunci A sebanyak 5 kali baru ke kunci Am 10 kali. Setelah kunci A dan Am telah dikuasai maka selanjutnya beralih ke B. Pada saat ingin mencoba chord B usahakan coba kunci A dan Am sebanyak 5 kali. Dengan cara ini saya mampu menguasai kunci dasar ini dalam waktu satu hari saja. Dengan belajar dengan giat dan telaten maka anda akan bisa memainkan semua lagu yang ada di situs Kunci Gitar.
Cara Mengenal dan Belajar Kunci Gitar dengan Mudah | ipan parhan anwari | 5