Contoh Pidato Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H | Pidato, Ceramah, Khutbah Tahun Baru Hijriyah

Contoh Pidato Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H
Hadirin yang dimuliakan Allah,Pertama-tama, yang paling utama dan yang harus di utamakan, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Biqoulina  الحمد لله رب العالمين, Yang telah memberikan kita banyak nikmat, yang kita tidak akan pernah mampu untuk menghitug banyaknya, seperti yang telah Allah sebutkan dalam Al-qur’an, salah satunya adalah nikmat iman dan islam serta nikmat sehat, sehingga kita dapat bertatap muka, bermuajjahah dalam kesempatan yang InsyaAllah penuh barokah ini, Amin. 

Kedua kalinya, Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Manusia yang paling baik akhlaknya, paling indah tutur katanya, paling santun pekertinya, Nabi akhiruzzaman, Nabi yang paling mulia, Baginda Rasulullah محد SAWBiqoulina اللهم صل على سيدنا محمد Semoga kita yang berada dalam majlis ini termasuk kedalam umatnya yang akan tercatat dalam tinta emas orang-orang yang akan menerima Syafaat Beliau besok di yaumil akhir, Amin Ya Robbal A’lamin.
 
Hadirin yang berbahagia,Bulan Muharram, adalah termasuk salah satu dari 4 bulan yang di muliakan oleh Allah SWT. Sebagaimana yang telah di firmankan oleh Allah dalam KitabNya yang mulia, Al Qur’an Al Karim. Kemuliaan bulan Muharram adalah karena dalam bulan itu terdapat hari Asyuro’ (10 Muharram), dimana pada hari itu banyak sekali keutaman-keutamaan yang jika kita mau beramal soleh, tentu akan kita peroleh Rahmat dari Allah.Di hari itu kita disunnahkan untuk menyayangi anak yatim dengan mengusap kepalanya dan memberinya sedekah. Selain itu kita juga di sunnahkan untuk melapangkan makanan untuk keluarga di rumah seperti memasakkan makanan yang spesial dan lain dari hari biasanya.Sunnah lain yang tak kalah penting adalah berpuasa di hari itu. Bahkan Rasullulah SAW bersabda bahwa “barang siapa yang berpuasa pada hari Asyuro’, maka seakan-akan ia telah berpuasa setahun lamanya”, itulah keutaman hari Asyuro’ yang terdapat dalam bulan Muharram ini.Bukan tanpa alasan kita disunnahkan untuk berpuasa pada hari itu, karena jika kita melihat sejarah, banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada tanggal tersebut, diantaranya adalah:

  1. Taubat Nabi Adam diterima pada tanggal 10 Asyuro’. Seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Adam dikeluarkan Allah dari surga karena godaan syaitan dan kemudian memakan buah Khuldi. Ia pun dipisahkan dari Siti Hawa saat diturunkan di bumi. Menurut riwayat beratus–ratus tahun lamanya Nabi Adam memohon ampun pada Allah, kemudian pada tanggal inilah taubatnya diterima.
  2. Nabi Nuh di selamatkan dari banjir bah pada tanggal ini.
  3. Nabi Ibrahim diselamatkan dari api yang membakarnya pada tanggal ini.
  4. Nabi Yusuf dan Ya’kub di pertemukan kembali pada tanggal ini. Menurut Alquran Nabi Yusuf yang ditinggalkan oeh saudara-saudaranya sejak kecil dan terpisah dari nabi Ya’kub puluhan tahun lamanya. Dan selama puluhan tahun itu juga nabi Yakub menangis dan merindukan nabi Yusuf. Kemudian berkat Rahmat Allah, Nabi Yakub dan Yusuf dipertemukan kembali pada hari itu.
  5. Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan pada tanggal ini,
  6. Nabi Khidir di beri ilmu pada tanggal ini,
  7. Allah menciptakan surga dan neraka pada tanggal ini,
  8. Allah menciptakan malaikat Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail pada tanggal ini.
  9. Allah menciptakan Arsy dan Kursi Nya pada tanggal ini. Allah menciptakan Kalam, bumi dan langit juga  pada tanggal ini.
Itulah peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi pada hari Asyuro’, semoga kita termsuk kedalam orang-orang yang mampu meraih kemuliaan dalam hari yang di muliakan itu, Amiin.

Hadirin Rahimakumullah,
Untuk menjalani kehidupan pada tahun ini kita harus menggunakan siasat yang mampu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  1. Kita harus memperhitungkan terhadap kepentingan hidup dimasa yang akan datang terutama di akhirat dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  2. Kita harus mau dan mampu melihat kesalahan dan dosa diri kita sendiri pada tahun yang lalu, kemudian kita beraubat dan memperbaiki diri dengan mengerjakan amal saleh. Sebagaimana Firman Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 39, yang artinya : “Maka barang siapa yang bertaubat sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang”.
  3. Kita harus menyadari bahwa setan adalah musuh yang nyata bagi kita, maka semua rayuan dan bujukan syetan berupa minuman khamr, narkoba, judi, zina dan perbuatan maksiat lainnya harus ditinggalkan karena merugikan dan menyengsarakan diri kita, baik di dunia maupun di akhirat.
Itulah tiga hal yang merupakan strategi yang mungkin bisa kita lakukan dalam menjalani hidup ditahun ini. Semoga Allah SWT mengampuni dosa kita pada tahun yang lalu, meridhoi ibadah dan amal saleh kita, serta memberikan kesehatan dan umur panjang kepada kita dan keluarga, sehingga dapat meningkatkan ibadah dan amal saleh pada tahun ini, Amiin.

Contoh Pidato Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H -Akhirnya, pada tahun yang baru ini marilah kita bersama-sama memperbaiki haliyah kita, perbuatan kita, ibadah kita, serta semangat kita dalam berjuang di jalan Allah.

Demikian yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang disampaikan ini bisa memberi bermanfaat bagi kita semua. Amin Amin ya Rabbal alamin. Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.
Akhirul kalam, Billaahi taufiq walhidayah.

Contoh Pidato Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H | Pidato, Ceramah, Khutbah Tahun Baru Hijriyah | ipan parhan anwari | 5