CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN MUHARRAM TAHUN BARU ISLAM 1438 H



PROPOSAL
KEGIATAN PEKAN MUHARRAM 1438 H
MASJID AT- TAQWA  NAGRAK JAMANIS TASIKMALAYA


A. LANDASAN PEMIKIRAN
Bismillahirrahmanirrahim Memperingati tahun baru Hijriyah yakni bulan Muharam, merupakan salah satu momentum bersejarah bagi umat Islam, karena hal tersebut dapat mengingatkan kita bahwa tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin. Menyadari hakikat tahun baru Hijriyah, umat Islam sebagai umat terbaik dan sepatutnya menjadi suri tauladan yang baik kepada orang lain haruslah mempunyai cara dan sikap yang menjunjung tinggi ajaran wahyu dalam menyambut datangnya tahun baru Hijriyah, agar dapat membedakan dengan cara dan adat kaum lain.

Muharam adalah bulan yang sangat bersejarah buat ummat Islam sedunia. Karena di samping bulan Muharam sebagai bulan pertama tahun Hijriyah, bulan Muharam juga menyimpan banyak sekali peristiwa bersejarah. Di antaranya adalah tenggelamnya raja Fir’aun dan anak buahnya di Laut Merah, hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah serta masih banyak lagi peristiwa bersejarah lainnya. Bulan Muharam adalah bulan yang sangat agung, di dalamnya terkandung makna dan keutamaan hakiki dalam rangka proses pembentukan pribadi-pribadi muslim. Itulah makanya salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk berpuasa sunah pada bulan tersebut.

Seiring perkembangan jaman, banyak fenomena penyebab keterpurukan umat islam yang terjadi sekarang ini, di antaranya, bergesernya nilai-nilai agama dan budaya dari umat Islam saat ini. Pergeseran nilai-nilai agama dan budaya yang dimaksud adalah perubahan perilaku sebagian besar umat islam dalam memperlakukan acara keagamaan dan kebudayaan yang sangat jauh berbeda antara generasi terdahulu dan generasi sekarang. Generasi terdahulu merayakan acara keagamaan dan kebudayaan dengan begitu sakral yang sangat dihormati. Generasi sekarang mengganti nilai-nilai keagamaan itu dengan mengadopsi budaya dari luar yang tak terfilter, contoh yang paling menonjol sekarang adalah peringatan tahun baru yang sangat mengagungkan tahun baru Masehi atau tahun baru miladiyah dan merayakannya dengan kegiatan-kegiatan yang sejatinya bertentangan dengan ajaran Islam, seperti minum minuman keras, hura-hura, serta berbagai kegiatan lain yang sama merupakan produk kebudayaan barat. Dalam pada itu sebaliknya peringatan tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah saat ini mulai ditinggalkan oleh umat Islam itu sendiri. Bulan Muharam hampir semakin tidak bermakna, bahkan ironisnya, hanya segelintir orang yang tahu kapan dan apa faedah bulan Muharam tersebut.

Atas dasar itulah kami dari DKM Masjid AT TAQWA NAGRAK, mencoba untuk merevitalisasi kembali kaidah-kaidah dan esensitas Muharam dalam proses pembentukan keperibadian Muslim, melalui sebuah kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti khitanan masal dan bantuan buat anak-anak yatim serta kegiatan lainnya.

Kami berharap, acara Pekan Muharam ini sebagai wadah silaturrahami dalam memperkuat Ukhuwah Islamiyah demi terwujudnya Muslim yang taat pada Allah SWT. Semoga saja kita termasuk orang yang sudah berjuang dan berbuat yang terbaik untuk agama dan bangsa tercinta.

B. NAMA KEGIATAN
Nama Kegiatan ini adalah: “PEKAN MUHARAM 1438 H MASJID AT TAQWA NAGRAK”

C. TEMA KEGIATAN
Tema Kegiatan ini adalah: “Melalui Kegiatan Pekan Muharam Kita Tumbuhkan Ukhuwah Islamiyah Untuk Membentuk Muslim Berbudi Luhur dan Berjiwa Sosial Sesuai Dengan Kaidah-Kaidah Islam”

D. TUJUAN KEGIATAN
  1. Memperingati tahun baru Hijriyah 1 Muharam 1438 H
  2. Menanamkan nilai-nilai Iman dan Taqwa kepada Alloh SWT sebagai landasan pacu menuju akhlak yang terpuji, dalam rangka menghadapi era globalisasi
  3. Memperkuat Ukhuwah Islamiyah sebagai jalinan silaturahmi antar warga di masyarakat
  4. Menghidupkan syiar islam
E. BENTUK KEGIATAN
  1. Lomba adzan untuk putera SD dan SMP
  2. Lomba mewarnai kaligrafi untuk TK dan SD
  3. Musabaqoh Hafalan Qur’an Juz ‘Amma untuk putera-puteri SMP dan SMA
  4. Doa akhir tahun ba’da Ashar
  5. Doa awal tahun ba’da Magrib
  6. Pengajian umum ba’da Isya
  7. Sholat tasbih 10 Muharam (Ust. A. Kosasih)
  8. Khitanan massal
  9. Santunan anak yatim
F. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Waktu : .........................................................................
Tempat : Masjid At Taqwa Nagrak Sindangraja Jamanis Tasikmalaya

G. PELAKSANA KEGIATAN
Pelaksana dari kegiatan ini adalah DKM Masjid Al-Ikhlash dan Panitia Pelaksana yang dibentuk pada Rapat Kerja DKM. (Terlampir)

H. RENCANA ANGGARAN KEGIATAN
(Terlampir)


I. PENUTUP
Demikian proposal ini kami sebagai landasan kerja sekaligus sebagai pijakan berfikir kami dalam melaksanakan kegiatan ini, juga dengan harapan semoga Bapak / Ibu / Saudara (i) dan para donator mendapatkan gambaran maksud dan tujuan pelaksanaan Pekan Muharam yang akan kami laksanakan pada tahun ini.

Selanjutnya suksesnya kegiatan ini tidak terlepas dari adanya dukungan dari semua pihak serta profesionalisme pelaksana. Kami juga mengharap bantuan Bapak / Ibu / Saudara (i) dan para donator untuk menyisihkan sebagian hartanya guna mewujudkan acara Pekan Muharam ini sesuai dengan rencana yang kami inginkan.

Akhirnya semoga Allah selalu memberikan sinaran taufiq serta hidayah-Nya di dalam hati kita, sehingga hati dan fikiran kita tidak pernah berhenti untuk berfikir meningkatkan potensi generasi Islam dan meridhoi setiap langkah kita, sehingga dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan bagi ummat dan pembangunan bangsa. Amin.

Jamanis, 24 Oktober 2016


Ketua Pelaksana



Jajang Arifin

Sekian Contoh Proposal Kegiatan Tahun Baru Islam yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaaat.


CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN MUHARRAM TAHUN BARU ISLAM 1438 H | ipan parhan anwari | 5