MEMPROSES PERJALANAN BISNIS

MEMPROSES PERJALANAN BISNIS

1.      Dokumen yang sering dibawa oleh pimpinan bila melakukan perjalanan dinas keluar negeri adalah :
a.       Surat tugas atau surat perintah jalan (SPJ)
Paspor
Paspor adalah dokumen perjalanan yang diberikan kepada seseorang warga Negara, yang diberi izin untuk meninggalkan atau berpergian kenegara-negara asing. Guna paspor bagi yang membutuhkan adalah merupakan tanda izin bagi pemegangnya untuk dapat secara bebas melalui perbatasan-perbatasan Negara-negara yang dilaluinya. Paspor juga merupakan jaminan perlindungan kepada pemegangnya dari Negara sendiri maupun dari Negara yang akan dikunjunginya.
b.      Berlakunya suatau paspor tergantung dari batas waktu yang tertera pada paspor tersebut. Jadi setiap kali perjalanan dinas keluar negeri tidak harus mengganti dengan paspor baru
c.       Visa
Visa adalah tanda izin yang dicap pada lembaran-lembaran paspor untuk mengunjungi suatu Negara dalam waktu tertentu. Untuk mengurus visa atau dapat diperoleh pada konsulat atau kedutaan Negara yang bersangkutan. Ada dua macam visa yaitu :
1)      Single Entry, yaitu visa yang berlaku untuk sekali perjalanan masuk ke suatu Negara tertentu.
2)      Multiple Entry, yaitu visa yang dapat dipakai oleh seseorang untuk dapat masuk ke Negara lain bebrapa kali tanpa memperbaharui visa tersebut.
d.      Yellow card 
Yellow card adalah kartu yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Pemerintah untuk diberikan kepada warga Negara yang akan berpergaian ke luar negeri. Guna yellow card adalah dipakai untuk menyatakan bahwa warga Negara tersebut bebas bebas dari penyakit menular, misalnya cacar air, flu burung, kolera, dan demam kuning (yellow lever).
e.       Fiskal
Fiskal adalah hal-hal mengenai keuangan, terutama pendapatan dan pengeluaran pemerintah, misalnya sebagai pajak atau utang piutang.
2.      Syarat-syarat yang diperlukan untuk mengurus paspor adalah sebagai berikut :
a.       Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pimpinan
b.      Kartu Keluarga (KK) Pimpinan
c.       Ijazah dari pendidikan terakhir pimpinan
d.      Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau sebelumnya dikenal dengan SKKB
e.       sehubungan dengan tujuan perjalanan keluar negeri
f.       Pas Foto
g.      Surat Keterangan (SK) pengankatan Pegawai
h.      Surat dari perusahaan yang ditujukan kepada pimpinan 
i.        Akta Kelahiran
Akomodasi adalah tempat atau penginapan sementara yang digunakan untuk untuk beristirahat selama perjalanan dinas dapat berupa hotel, penginapan, resort dll tergantung permintaan pimpinan.
Ada beberapa alat atau tanda bayar yang dipakai selama mengadakan perjalanan yaitu uang tunai, kartu keridit, cek berpergian, dan Latter of credit.
1.   Uang
Uang adalah sesuatu yang diterima secara umum sebagai alat tukar dan alat bayar. Tugas sekretaris adalah mengalokasikan secara tepat berapa uang tunai yang dibawa dan berapa uang yang digunakan sebagai persiapan bila dibutuhkan dalam situasi mendadak.
2.   Kartu Kredit
Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank, hotel, biro perjalanan,dan badan lain yang memberikan hak kepada pembawa untuk memperoleh barang atau jasa dalam batas nilai tertentu menurut persyaratan yang ditetapkan.
3.   Cek Berpergian
Cek berpergian adlah alat pembayaran semacam cek yang diciptakan untuk orang yang berpergian dan dapat diuangkan pada bank yg mengeluarkan atau pada pihak-pihak yang ditunjuk.
4. Letter of credit (L/C)
Letter of credit ini dikeluarkan atas nama seseorang yang memintanya dan dengan membubuhkan tanda tangannya maka ia dapat menukarkannya di bank yang ditunjuk di kota-kota yang dikunjunginya. Perbedaan antara Traveller’s cheque dan Latter of credit adalah terletak pada biaya yang di keluarkan. Biaya untuk mengeluarkan Letter of credit lebih murah daripada biaya untuk membeli Traveller’s cheque.
MEMPROSES PERJALANAN BISNIS | abdan syakuro | 5