CONTOH PENGAJUAN PROPOSAL MAGANG DI PERUSAHAAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Program Diploma III Bahasa Inggris merupakan program vokasional, dimana kurikulum dirancang lebih menitikberatkan pada penerapan praktek berbahasa Inggris dibandingkan teori. Program Diploma III bahasa inggris mempunyai dua minat pengajaran yaitu  minat pengajaran bahasa inggris dan  minat komunikasi bisnis. Sesuai dengan kurikulum yang  berlaku mahasiswa diwajibkan memilih salah satu minat tersebut. Dalam hal ini penulis memilih minat komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis adalah salah satu minat dengan fokus kompetensi di bidang komunikasi bisnis, sehingga  penulis mendapatkan banyak pengetahuan di bidang komunikasi bisnis. Dengan demikian , penulis ingin mendapatkan lebih banyak pengetahuan selain yang penulis dapatkan selama perkuliahan. Program magang atau praktik kerja lapangan wajib dilaksanakan bagi mahasiswa semester akhir,  sebagai bahan penulisan tugas akhir dan memberi pengalaman praktik kerja kepada mahasiswa. Perkembangan yang terjadi dalam dunia bisnis menyebabkan terjadinya kesenjangan antara teori dengan praktik, sehingga dengan magang atau praktik kerja lapangan mahasiswa memiliki gambaran tentang kondisi nyata yang terjadi di dalam dunia komunikasi bisnis. Pada program magang ini penulis memilih Jawa Pos sebagai tempat magang. Penulis memilih Jawa Pos karena disanalah tempat yang dapat mendukung dalam pengaplikasian proses belajar selama perkuliahan. Dengan berbekal pengetahuan Bahasa Inggris dan pengetahuan beberapa disiplin ilmu selama kuliah, diharapkan program magang atau kerja praktik lapangan ini dapat memberikan pengalaman serta pengaplikasian secara nyata tentang dunia kerja yang berhubungan dengan penggunaan Bahasa Inggris dalam media.

1.2  Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dari program magang ini adalah:
  1. Mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga pelaksana yang profesional di dunia kerja.
  2. Meningkatkan skill seperti yang diajarkan saat perkuliahan, terutma dalam hal media dan translation.
  3. Mengenalkan dunia kerja kepada mahasiswa, sebelum memulai pekerjaan yang sungguhnya.


1.3  Manfaat
Manfaat bagi mahasiswa:
  1. Mahasiswa lebih memahami permasalahan yang ada pada lingkungan praktik.
  2. Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang telah didapat dari proses perkuliahan.
  3. Memperoleh pengalaman untuk terlibat langsung dengan pekerjaan di sebuah instansi.
  4. Sebagai orientasi awal memahami suasana kerja di sebuah instansi
  5. Memahami tingkat kesulitan dan permasalahan yang dihadapi dalam praktiknya.
  6. Sebagai evaluasi diri untuk lebih mengembangkan kemampuan.
1.4 Manfaat bagi Program Diploma III Bahasa Inggris :
  1. Mampu menghasilkan lulusan yang telah memiliki pengalaman di bidang komunikasi bisnis didalam Bahasa Inggris.
  2. Informasi dari program magang atau praktik kerja lapangan dapat digunakan untuk memperbaiki kurikulum agar sesuai dengan perkembangan dunia komunikasi bisnis.
  3. Membina kerjasama antara D3 bahasa inggris dengan pihak Jawa Pos.
1.5 Manfaat bagi Dunia Komunikasi Bisnis
  1. Sebagai sarana untuk lebih memperkuat kerjasama antara Jawa Pos dengan Universitas Airlangga.
  2. Mengetahui kualitas pendidikan yang ada pada Diploma III Bahasa Inggris.
  3. Sebagai sarana untuk merekrut tenaga kerja pada saat membutuhkan SDM untuk level pelaksana.
1.4  Permasalahan
Penulis memperkirakan akan mendapat beberapa permasalahan yang hendak didapat ketika penulis mengikuti program magang di praktik kerja lapangan ini.Yang akan dihadapi penulis pada program magang,seperti:
  1. Beradaptasi dengan pekerja Jawa pos
  2. Beradaptasi dengan konsumen
  3. Mengenal bagian – bagian devisi yang ada di Jawa Pos seperti reporter, editor dll.
Dengan mata kuliah yang telah didapat selama perkuliahan, penulis yakin bahwa penulis mampu menghadapi atau memberi solusi terbaik  apabila terdapat permasalahan tersebut.

BAB II
RUANG LINGKUP MAGANG
(PRAKTIK KERJA LAPANGAN)

Magang atau kerja praktik menitikberatkan pada upaya pemberian alternatif pemecahan masalah yang dihadapi dalam dunia komunikasi saat ini. Bekal mata kuliah yang telah diperoleh, khususnya mata kuliah kompetensi pada dunia komunikasi yang mendukung kegiatan magang sampai dengan akhir semester antara lain:

1. Psikologi Pelayanan
Memahami aspek-aspek psikologis yang berkaitan dengan pelayanan kepada konsumen.
2. Bahasa Indonesia
Melatih keterampilan menulis karya ilmiah dengan kaidah Bahasa  Indonesia serta cara-cara berpidato dan berdiskusi, baik secara teori maupun praktik dengan tujuan agar mampu menggunakan Bahasa Indonesia baik komunikasi lisan maupun tertulis dengan benar.
3.      Pengantar Bisnis
Memahami pengenalan tentang dunia bisnis dan kewirausahaan, managemen organisasi perkantoran, pemasaran, pembelanjaan, personalia, dan produksi serta alat-alat pengendalian menejemen, meliputi akutansi, statistik, dan komputer.
4.      Computer Applications
Pengenalan tentang program-program aplikasi komputer, seperti MS Word, MS Exel, Power Point, MS Access, serta pengenalan internet.
5.      Public Speaking
Pengembangan keahlian speaking (berbicara dalam Bahasa Inggris), dengan mempelajari proses dan teori komunikasi dengan penerapan aplikasi prinsip-prinsip komunikasi pada berbagai situasi wicara.
6.      Listening
Mempelajari dan memahami berbagai tipe wacana lisan Bahasa Inggris.
7.      Structure
Memahami structure kalimat Bahasa Inggris. Penekanan diberikan pada latihan-latihan kalimat kontekstual yang rumit dan kompleks dan analisa kesalahan-kesalahan pada kalimat-kalimat atau wacana-wacana yang diberikan.
8.      Pronunciation
Memahami dan melatih pengucapan Bahasa Inggris yang sedekat mungkin dengan penutur asli.
9.      Reading
Memahami dan melatih keterampilan membaca teks-teks ilmiah dengan cepat dan dalam waktu yang terbatas seperti yang ada dalam textbook dari berbagai disiplin ilmu, dengan tujuan agar mampu menyimpulkan apa yang telah dibaca secara tepat dan cepat.
10.  Writing
Memahami cara menyusunan suatu karya tulis yang sesuai dengan kaidah-kaidah standar Bahasa Inggris.
11.  Terjemahan Inggris-Indonesia
Memahami dan melatih cara menerjemahkan teks Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.
12.  Terjemahan Indonesia-Inggris
Memahami dan melatih cara menerjemahkan teks Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.
13.  Intercultural Business Communication
Memahami pengertian dasar Komunikasi Bisnis serta penerapannya.Membangun pengertian komunikasi bisnis dalam budaya yang berbeda.

14.  Business presentation
Mata kuliah ini mengajarkan mengenai teknik-teknik dalam melakukan presentasi bisnis, baik mengenai produk maupun mengenai organisasi. Teknik yang diajarkan     meliputi pemilihan kata yang tepat, inotasi, penggunaan sarana visual dan cara  menjawab pertanyaan, serta penggunaan bahasa tubuh sehingga proses presentasi tidak membosankan dan mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan.
15.  Public Relations
Mempelajari tugas-tugas Public Relations dalam menjalin hubungan yang baik dengan publik, seperti customers, suppliers, dealers, dan stakeholders. Penekanan khusus diberikan dengan hubungan pada media, khususnya dalam penulisan press release dan mengadakan press conference.
16.  Cross Cultural Understanding
Mempelajari pergaulan baik formal maupun informal, konotasi kata-kata berbagai bahasa dunia.
17.  Introduction to Linguistic
Mempelajari ilmu Bahasa Inggris serta pengembangan bahasa, baik variasi sosial maupun regional.
18.  English Media and Advertising
Mempelajari dasar-dasar yang berkenaan dengan menulis berita di sebuah media dan menunjukan apa saja yang perlu diperhatikan selama menulis berita.

BAB III
PELAKSANAAN MAGANG
(PRAKTIK KERJA LAPANGAN)

 3.1   Lokasi Magang (Praktik Kerja Lapangan)
Lokasi magang dilaksanakan di : Jawa Pos, Jalan A. Yani No.88 Surabaya.

3.2    Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan ± 1 bulan terhitung mulai tanggal 20 Januari 2014
3.3       Peserta
Peserta magang atau Praktik Kerja Lapangan adalah mahasiswa Program Diploma III Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Surabaya, dengan nama sebagai berikut:
1.      Rr. Elle Putri
2.      M. Jauhar Navis
3.      Yesi Eva Susanti

BAB IV
PENUTUP

Proposal ini disusun sebagai bahan pertimbangan dalam pelaksanaan magang atau Praktik Kerja Lapangan di Jawa Pos. Program Diploma III Bahasa Inggris sebagai lembaga akademis yang bertanggung jawab menghasilkan lulusan yang berkualitas sangat berharap kesediaan Jawa Pos sebagai tempat magang mahasiswa sehingga wawasan praktik di bidang media informasi lebih terasah. Kerjasama yang tercipta diharapkan mampu mengurangi kesenjagan antara teori dan praktik.

Pada akhirnya jika terdapat ketidaksesuaian dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan maka dapat didiskusikan pada awal pelaksanaan magang atau Praktik Kerja Lapangan.

Mengetahui,
Ketua Program Studi
Program Diploma III Bahasa Inggris
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga


Noerhayati Ika Putri, M.A.
NIP. 197807162005012002

Demikian semoga CONTOH PROPOSAL MAGANG DI PERUSAHAAN ini bermanfaat.
CONTOH PENGAJUAN PROPOSAL MAGANG DI PERUSAHAAN | abdan syakuro | 5