Manfaat dan Tujuan Pelatihan Pegawai Baru

Manfaat dan Tujuan Pelatihan Pegawai Baru - Alasan utama bagi organisasi untuk melaksanakan pelatihan adalah memastikan organisasi mendapat imbalan yang terbaik dari modal yang ditanam pada sumber yang paling penting pegawainya dan sering kali yang paling mahal. Oleh sebab itu, tujuan dari setiap pelatihan adalah meraih perubahan dalam pengetahuan, keahlian, pengalaman, tingkah laku, atau sikap yang akan meningkatkan keefektifan para pegawai, secara khusus pelatihan akan digunakan.

Selanjutnya menurut Ernest J Mc Cormick yang dikutip oleh Anwar Prabu Mangkunegara(2005:46), yaitu :
An organization should commit its resources to training can be expected to achieve some result other then modifying employee behavior. It must also support some organizational and goal, such as more efficient production or distribution of goods and services, reduction or distribution of goods and services, reduction of operating costs improved qualyti, or more effective personal relation''.

Artinya bahwa organisasi perlu melibatkan sumber daya pegawai pada aktivitas pelatihan hanya jika hal itu merupakan keputusan terbaik dari manajer. Pelatihan di harapkan dapat mencapai hasil lain dari pada modifikasi perilaku pegawai. Hal ini juga perlu mendapat dukungan secara organisasi dan tujuan, seperti produksi, distribusi barang dan pelayanan lebih efesien, menekan biayaya operasi, meningkatkan kualitas, dan hubungan pribadi lebih efektif.

Tujuan Pelatihan
Organisasi atau perusahaan yang melaksanakan program pelatihan terlebih dahulu mengetahui tujuan agar manfaat yang diperoleh benar-benar dapat di rasakan. T. Hani Handoko (2001:103), mengemukakan pendapatnya mengenai dua tujuan pelatihan.
Tujuan utama pelatihan yaitu sebagai berikut :
  1. Latihan dilakukan untuk menutup gap antara kecakapan atau kemampuan  karyawan dengan permintaan jabatan.
  2. Program-program tersebut di harapkan dapatkan dapat meningkatkan efesiensi dan efektifitas kerja karyawan dalam mencapai sasaran kerja yang sudah ditetapkan.
Dari uraian tersebut di atas dapat dilihat bahwa pelatihan bertujuan untuk lebih meningkat keterampilan, kemampuan dan kecakapan pegawai terhadap tuntunan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan jabatan atau posisi dalam perusahaan. Selain itu, tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja pegawai yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah di tetapkan sebelumnya.

Anwar Prabu Mangkunegara (2005:49), mengemukakan tujuan utama pelatihan secara luas yang di kelompokan menjadi sembilan bidang yaitu :
1. Meningkatkan penghayatan jiwa dan ideologi
2. Meningkatkan produktivitas kerja
3. Meningkatkan kualitas kerja
4. Meningkatkan ketetapan perencanaan sumber daya  
    manusia
5. Meningkatkan sikap moral dan semangat kerja
6. Meningkatkan rangsangan agar pegawai mampu ber
    prestasi secara maksimal
7. Meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja
8. Meningkatkan keusangan (obsolescence).
9. Meningkatkan perkembangan skill pegawai.
                        
Dari uraian tersebut di atas di katakan bahwa tujuan dari pelatihan adalah untuk mengubah perilaku kerja dan loyalitas pegawai, agar pegawai mampu untuk berprestasi secara maksimal, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja pegawai melalui efisiensi, efektivitas dan kualitas kerja.

Sedangkan menurut Henry Simamora (2001:288-290), tujuan dari pelatihan adalah :
  1. Memutakhirkan keahlian para karyawan sejalan dengan perubahn tekhnologi.
  2. Mengurangi waktu belajar bagi para karyawan baru untuk menjalankan kompeten dalam pekerjaan.
  3. Membantu memecahkan permasalahan operasional.
  4. Mempersiapkan karyawan untuk promosi.
  5. Mengorientasikan karyawan terhadap organisasi. 
Dari uraian tersebut diatas dikatakan bahwa maksud dari pelatihan pegawai baru adalah bertujuan untuk menambah pengetahuan pegawai agar keterampilan mengadaptasi perubahan teknologi yang terjadi. Dengan program pelatihan, maka pegawai dapat mempelajari materi pekerjaan dengan lebih efektif. Selain itu juga, program pelatihan bertujuan untuk promosi jabatan dan mengorientasikan pegawai terhadap perusahaan instansi.

Manfaat dan Tujuan Pelatihan Pegawai Baru | abdan syakuro | 5