Memahami permasalahan belajar serta mencari jalan keluarnya

Memahami permasalahan belajar serta mencari jalan keluarnya

        1.     Masalah-masalah intern belajar siswa antara lain sbb:
Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dalam diri siswa sendiri, seperti kecerdasan intelektual, kecemasan, kesiapan mental, bahkan kondisi fisik. Bagi siswa yang memiliki keterbatasan kecerdasan intelektual tentu akan mengalami kesulitan menghadapi

(1). Learning Disorder atau kekacauan belajar adalah keadaan dimana proses belajar seseorang terganggu karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya, yang mengalami kekacauan belajar, potensi dasarnya tidak dirugikan, akan tetapi belajarnya terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan, sehingga hasil belajar yang dicapainya lebih rendah dari potensi yang dimilikinya. Contoh : siswa yang sudah terbiasa dengan olah raga keras seperti karate, tinju dan sejenisnya, mungkin akan mengalami kesulitan dalam belajar menari yang menuntut gerakan lemah-gemulai. (2). Learning Disfunction merupakan gejala dimana proses belajar yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik, meskipun sebenarnya siswa tersebut tidak menunjukkan adanya subnormalitas mental, gangguan alat dria, atau gangguan psikologis lainnya. Contoh : siswa yang yang memiliki postur tubuh yang tinggi atletis dan sangat cocok menjadi atlet bola volley, namun karena tidak pernah dilatih bermain bola volley, maka dia tidak dapat menguasai permainan volley dengan baik.(3). Under Achiever mengacu kepada siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang tergolong di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Contoh : siswa yang telah dites kecerdasannya dan menunjukkan tingkat kecerdasan tergolong sangat unggul (IQ = 130 – 140), namun prestasi belajarnya biasa-biasa saja atau malah sangat rendah. (4). Slow Learner atau lambat belajar adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf potensi intelektual yang sama. (5). Learning Disabilities atau ketidakmampuan belajar mengacu pada gejala dimana siswa tidak mampu belajar atau menghindari belajar, sehingga hasil belajar di bawah potensi intelektualnya.

2.     Lima factor ekstern terjadinya masalah belajar siswa:
Faktor ekstern merupakan segala sesuatu yang berasal dari luar diri siswa yang mengkondisikannya dalam pembelajaran, seperti pengalaman, lingkungan sosial, metode belajar-mengajar, strategi belajar-mengajar, fasilitas belajar dan dedikasi guru. Keberhasilannya mencapai suatu tahap hasil belajar memungkinkannya untuk belajar lebih lancar dalam mencapai tahap selanjutnya.

3.      Upaya yang dapat dilakukan adalah:

(1) siswa diharapkan dapat merubah kebiasaan belajar yang tidak teratur dan kurang efektif, meningkatkan motivasi belajar dengan belajar kelompok, menjaga kesehatan badan dengan pola hidup sehat; 2) guru disarankan menggunakan metode yang tepat, mengetahui batas kemampuan siswa dalam mengajar standart pelajaran, mampu/memiliki kecakapan dalam usaha mendiagnosis kesulitan belajar siswa, menciptakan hubungan guru dengan siswa yang harmonis sehingga penyampaian materi dapat diterima siswa dengan mudah; 3) bagi SMK Ardjuna 01 Malang hebndaknya menambah alat/media pelajaran terutama yang praktikum, mengoptimalkan fungsi perpustakaan dengan meningkatkan pelayanan dan menambah koleksi buku-buku yang berkaitan dengan mata diklat akuntansi.
Memahami permasalahan belajar serta mencari jalan keluarnya | abdan syakuro | 5