Metode Pelatihan yang sering Dikembangkan oleh Suatu Perusahaan

Metode yang dipilih dalam pelatihan hendaknya disesuaikan dengan jenis pelatihan yang akan dilaksanakan dan dapat dikembangkan oleh suatu perusahaan maupun organisasi. Veithzal Rivai (2004:242), mengemukakan bebarapa metode yang dapat dipakai adalah sebagai berikut :

1. On the job training
On the job training (TO) atau disebut juga dengan pelatihan dengan instruksi pekerjaan sebagai suatu metode pelatihan dengan cara para pekerja atau calon pekerja ditempatkan dalam kondisi pekerjaan yang nyata.

2. Rotasi
Untuk pelatihan silang bagi karyawan agar mendapatkan variasi kerja, para pengajar memindahkan para peserta pelatihan dari tempat kerja yang satu ke tempat yang lainya.

3. Magang
Magang melibatkan pembelajaran dari pekerjaan yang lebih berpengalaman, dan dapat di tambah pada teknik off the job training.

4. Ceramah Kelas dan Presentasi Vidio
Ceramah dan tehnik lain dalam off the job training tampaknya mengandalkan komunikasi daripada member model.

5. Pelatihan Wilayah
Agar pembelajaran tidak mengganggu operasional rutin, beberapa perusahaan menggunakan pelatihan wilayah.

Idealnya, pelatihan akan lebih efektif jika metode pelatihan disesuaikan dengan sikap pembelajaran peserta dan jenis pekerjaan yang dibutuhkan oleh organisasi. Adapun prinsip pembelajaran merupakan suatu pedoman dimana proses belajar akan berjalan lebih efektif semakin banyak prinsip ini digunakan dalam pelatihan.
Metode Pelatihan yang sering Dikembangkan oleh Suatu Perusahaan | abdan syakuro | 5