Pengertian Motif dan Perbedaan antara Motiv Instrinsik dengan Ekstrinsik

Pemahaman motivasi serta dapat mengupayakan peningkatan motivasi belajar siswa

1. Pengertian Motif
Motivasi dalam belajar adalah faktor penting yang merupakan keadaan yang mendorong keadaan siswa untuk melakukan belajar. Persoalan mengenai motivasi dalam belajar adalah bagaimana cara mengatur agar motivasi dapat ditingkatkan.

2. Perbedaan antara motiv instrinsik dengan ekstrinsik.
Motivasi instrinsik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang yang atas dasarnya kesadaran sendiri untuk melakukan sesuatu pekerjaan belajar. Sedangkan motivasi ekstrinsik dimaksudkan dengan motivasi yang datangnya dari luar diri seseorang siswa yang menyebabkan siswa tersebut melakukan kegiatan belajar.

Dalam memberikan motivasi seorang guru harus berusaha dengan segala kemampuan yang ada untuk mengarahkan perhatian siswa kepada sasaran tertentu. Dengan adanya dorongan ini dalam diri siswa akan timbul inisiatif dengan alasan mengapa ia menekuni pelajaran. Untuk membangkitkan motivasi kepada mereka, supaya dapat melakukan kegiatan belajar dengan kehendak sendiri dan belajar secara aktif.

3. Pentingnya Belajar dan Pembelajaran
  • Belajar adalah proses untuk mengerti sesuatu hal, belajar selalu kita terapkan dalam setiap hal
  • Upaya pencapaian tujuan memahami dan mengerti akan sesuatu hal yang positif tidak akan pernah tahu tanpa belajar.
  • Adanya sebuah proses belajar terlebih dahulu, untuk mendapatkan pemahaman
4. Lima upaya meningkatkan motivasi
Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapapun juga yang menginginkn semangat untuk motivasi belajar dapat termotivasi. Ikuti tips berikut untuk meningkatkan motivasi belajar.
  1. Bergaullah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif. Ada orang yang selalu terlihat optimis meski mempunyai banyak masalah. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada salam komunitas seperti itu dan sebaliknya.
  2. Cari motivator. Kadang-kadang, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya teman, pacar, ataupun pasang hidup. Andapun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/ komunitas yang dapat membantu mengarahkan atau memotivasi anda belajar dan meraih prestasi.  (a). Bergaullah dengan orang-orang yang senang belajar. Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kitapun gemar belajar.
  3. Belajar apapun. Maksudnya adalah belajar secara formal dan nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, belajar berwirausaha, dan lain-lain sebagainya.
  4. Belajar dari internet. Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Banayak cara untuk belajar dari internet misalnya dengan mengikuti milis. Milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri.
Pengertian Motif dan Perbedaan antara Motiv Instrinsik dengan Ekstrinsik | abdan syakuro | 5