Pentingnya Produktivitas untuk Pencapaian Kerja yang Maksimal

Pentingnya Produktivitas untuk Pencapaian Kerja yang Maksimal- Pada dasarnya produktivitas kerja bukan semata-mata ditujukan untuk mendapatkan hasil kerja sebanyak-banyaknya, melainkan kualitas kerja juga penting diperhatikan. Sebagaimana diungkapkan oleh Sedarmayanti (2001:57) bahwa “Produktivitas kerja, bagaimana menghasilkan atau meningkatkan hasil barang dan jasa setinggi mungkin dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien”.

Berdasarkan pendapat diatas dapat kita ketahui bahwa produktivitas individu dapat dinilai dari apa yang dilakukan oleh individu tersebut dalam penggunaannya. Muchdarsyah Sinungan (2003:26), mengelompokan pengertian produktivitas menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :
  1. Rumusan tradisional bagi keseluruhan produktivitas tidak lain ialah ratio daripada apa yang dihasilkan (output) terhadap keseluruhan peralatan produksi yang dipergunakan (input).
  2. Produktivitas pada dasarnya adalah suatu sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa kehidupan hari ini lebih baik dari pada kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.
  3. Produktuvitas merupakan interaksi terpadu secara serasi dari tiga faktor esensial, yakni: investasi termasuk penggunaan pengetahuan dan teknologi serta riset, manajemen, dan tenaga kerja.
Dari berbagai pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa secara umum produktivitas merupakan perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan (input). Dengan kata lain bahwa produktivitas memiliki dua dimensi. Dimensi pertama adalah efektifitas yang mengarah pada pencapaian untuk kerja yang maksimal, pencapaian target yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas, dan waktu. Yang kedua yaitu efesiensi yang berkaitan dengan upaya membandingkan input dengan realisasi penggunaannya atau bagaimana pekerjaan tersebut dilaksanakan.
Pentingnya Produktivitas untuk Pencapaian Kerja yang Maksimal | abdan syakuro | 5