Program Komputer Pendukung Akuntansi

Program Komputer Untuk Akuntansi
Kebutuhan informasi yang berkaitan dengan akuntansi sangat banyak dan bervariasi, tergantung pada kompleksitas operasi perusahaan. Untuk kebutuhan akuntansi pada umumnya, perusahaan dapat menggunakan program standar(general accounting software) yang dijual dalam bentuk paket program.

Berikut ini akan dijelaskan 2 contoh program komputer untuk akuntansi :

DacEasy Accounting 3.0

DacEasy Accounting adalah system yang lengkap mengelola dan mencatat transaksi-transaksi yang terjadi pada setiap perusahaan, baik  perusahaan dagang maupun jasa. Dac Easy Accounting terdiri dari 7 fungsi utama yaitu : inventori barang dan jasa, pengajuan rekening /faktur, piutang dagang, order pembelian dan penerimaan, hutang dagang, buku besar serta penyusunan anggaran dan peramalan. Untuk mengamankan informasi  dalam system akuntansi, DacEasy Accounting  menyediakan option  kontrol untuk password pengaman.

Program ini dijalankan pada komputer IBM PC, XT atau AT yang kompatibel. Untuk penggunaan harus menggunakan MS DOS  versi 2.00 atau yang lebih tinggi dan minimum mempunyai RAM  256 kilobyte.Juga diperlukan printer 80 kolom yang mampu mencetak karakter condesed (17 CPI). Sebuah harddisk sangat dianjurkan untuk penanganan dan penduplikasian data  yang cepat dan mudah. DacEasy Accounting dapat beroperasi untuk perusahaan kecil yang menggunakan 2 disk drive atau satu drive dengan densitas tinggi (1.2 Megabyte).

MYOB Accounting Plus 9.X

Program yang dibuat oleh MYOB Limited Australia ini telah dipakai dibeberapa negara dan direkomendasikan  untuk berbagai jenis perusahaan. Program ini mempunyai  beberapa keunggulan  dibandingkan dengan software lain yang sejenis, yaitu : mudah digunakan, cocok untuk situasi  dan kondisi bisnis di Indonesia, membuat laporan keuangan secara otomatis dan lengkap, kemampuan menampilkan data secara cepat dan mudah, system sekuriti yang mamadai, Laporan keuangan dapat diaktifkan dengan Microsoft Excel maupun Microsoft Word tanpa melalui proses expor-impor.
 
Kelengkapan fasilitas program ini antara lain : General Ledger, Chequebook, sales, time billing, purchases, payroll, inventory dan card file. MYOB dilengkapi dengan fasilitas password yang melekat pada data akuntansi bukan pada program MYOB. Sehingga jika perusahaan mempunyai beberapa data akuntansi, maka perusahaan dapat membuat beberapa password sesuai dengan banyaknya data .

Contoh paket program komputer akuntansi lainnya yang cukup dikenal dan dapat dibeli di toko komputer yang menjual software adalah :
  1. Program ACCPAC, dibuat oleh Computer Associates
  2. Program ACT 1 Series, dibuat oleh Cougar Mountain Software
  3. Program Business Works PC, dibuat oleh Manzanita Software Systems
  4. Program DacEasy Accounting, dibuat oleh Daceasy
  5. Program PACIOLI 2000, dibuat oleh  M.USA Business Systems, Inc
  6. Program PeachtreeComplete II, dibuat oleh Peachtree Software
Paket-paket tersebut tidak dapat dengan sendirinya langsung digunakan karena sifat program tersebut yang umum. Untuk memenuhi kebutuhan tertentu harus ditentukan lebih dahulu spesifikasi khusus yang diinginkan, seperti kode rekening, banyaknya rekening, nama rekening, jurnal yang akan dipakai, dsb.
Program Komputer Pendukung Akuntansi | abdan syakuro | 5