Keuntungan dan Kerugian Perusahaan Kemitraan

Keuntungan dan Kerugian Perusahaan Kemitraan  - Bisnis yang dimiliki oleh dua orang atau lebih secara bersama disebut perusahaan kemitraan (partnership). (Di Indonesia biasa disebut dengan Firma atau CV). Mitra pengusaha harus mendaftarkan perusahaan kemitraannya kepada negara dan perlu meminta izin usaha.

Dalam perusahaan kemitraan umum, semua mitra pengusaha mempunyai tanggung jawab yang tidak terbatas. Yaitu mitra pengusaha ini secara pribadi bertanggung jawab atas kewajiban perusahaan. Sebaliknya perusahaan kemitraan terbatas (limited partner) adalah perusahaan yang mempunyai beberapa mitra pengusaha terbatas, atau mitra pengusaha yang tanggung jawabnya terbatas kepada modal atau properti yang dikontribusikan kepada perusahaan kemitraan tersebut. Mitra pengusaha terbatas hanya investor dalam perusahaan kemitraan dan tidak berpartisipasi dalam manajemen. 

Walaupun demikian, mereka menanamkan modalnya dalam bisnis, mereka membagi rugi atau laba bisnisnya. Suatu perusahaan kemitraan terbatas mempunyai atau atau lebih mitra pengusaha umum (general partener) atau mitra pengusaha yang mengelola bisnis, menerima gaji, membagi rugi atau laba bisnis, dan mempunyai tanggung jawab yang tidak terbatas. Penghasilan didistribusikan kepada setiap mitra pengusaha sebagai penghasilan perseorangan dan kena pajak yang diwajibkan oleh pemerintah.

Keuntungan Perusahaan Kemitraan
1. Dana tambahan
2. Kerugian ditanggung bersama.
3. Lebih ada spesialisasi.

Kerugian Perusahaan Kemitraan
1. Berbagi pengendalian
2. Tanggung jawab tak terbatas
3. Berbagi laba
Keuntungan dan Kerugian Perusahaan Kemitraan | abdan syakuro | 5