CONTOH ABSTRAK PTK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

CONTOH ABSTRAK PTK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK


ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

(Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Matematika di Kelas V
SDN 4 Rejasari Kecamatan Langensari Kota Banjar)

Oleh
Lia Yuliana Pujiati
NIM. 0601653

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan pecahan. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya guru masih menggunakan metode konvensional serta dominasi guru dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif dan membosankan, juga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa tentang penjumlahan pecahan.
Sehubungan dengan permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan memperoleh cara yang tepat untuk perbaikan mutu pembelajaran matematika di SD Negeri 4 Rejasari dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penerapan model pembelajaran matematika realistik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa tentang penjumlahan pecahan, karena dalam PMR pembelajaran dimulai dari hal-hal atau situasi yang nyata dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam empat siklus penelitian dimana tiap siklus difokuskan pada materi tentang penjumlahan pecahan dengan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Rejasari dengan subjek penelitian kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan pecahan. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Dari 21 orang siswa hasil tes pendahuluan hanya mencapai 14,29%, sedangkan yang diharapkan adalah 75% dari seluruh siswa mencapai KKM (nilai 60). Pada siklus ke I hasil belajar siswa baru mencapai 38,10% dari seluruh siswa yang mencapai KKM. Pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 42,86%. Pada siklus ke III hasil belajar siswa mencapai 57,14% dan pada siklus ke IV hasil belajar siswa mencapai 85,71%.
CONTOH ABSTRAK PTK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK | abdan syakuro | 5