Bacaan Doa Qunut Arab, Latin dan Terjemahannya

Bacaan Doa Qunut Arab, Latin dan Terjemahannya - Mediapustaka.com kali ini akan menuliskan sebuah Bacaan Doa yang sering kita baca ketika sholat Shubuh. Tahukah sobat apakah doa itu ? Doa tersebut adalah  Doa Qunut, pastinya sobat sudah tahu bukan Doa Qunut yang selalu dibaca pada iktidal rakaat kedua ketika solat subuh sebelum sujud. 

Lantas bagaimana sih hukumnya membaca Doa Qunut Ketika Sholat Shubuh ? Hukum membaca doa Qunut Ketika Sholat Shubuh itu bermacam- macam hal ini sesuai dengan Mazhab yang dianut masing-masing pemeluk Islam. Ada tiga pendapat dikalangan para ulama, tentang disyariatkan atau tidaknya qunut Shubuh.

DOA QUNUT
Doa Qunut
  1. Pendapat pertama : Qunut shubuh disunnahkan secara terus-menerus, ini adalah pendapat Malik, Ibnu Abi Laila, Al-Hasan bin Sholih dan Imam Syafi’iy.
  2. Pendapat kedua : Qunut shubuh tidak disyariatkan karena qunut itu sudah mansukh (terhapus hukumnya). Ini pendapat Abu Hanifah, Sufyan Ats-Tsaury dan lain-lainnya dari ulama Kufah.
  3. Pendapat ketiga : Qunut pada sholat shubuh tidaklah disyariatkan kecuali pada qunut nazilah maka boleh dilakukan pada sholat shubuh dan pada sholat-sholat lainnya. Ini adalah pendapat Imam Ahmad, Al-Laits bin Sa’d, Yahya bin Yahya Al-Laitsy dan ahli fiqh dari para ulama ahlul hadits.
Beberapa berpendapat bahwa doa Qunut adalah sunnah mengambil dasar dari beberapa riwayat, yakni “Rasullulah SAW tidak henti membaca Qunut dalam salat Fajar hingga beliau meninggal dunia" (Musnad Ahmad bin Hanbal).

Nah, bagi Anda yang ingin tahu bacaan doa Qunut. Berikut ini admin sampaikan Doa Qunut, ini dia bacaannya.
DOA QUNUT
اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

DOA QUNUT DALAM TULISAN LATIN

Allahummahdiniy fiiman hadait. Wa 'aafiniy fiiman 'aafait. Wa tawallaniy fiiman tawallait. Wa baarikliy fiima a'thoita. Wa qiniy syarro maa qodhoit. Fainnaka taqdhii walaa yuqdhoo 'alaik. Wa innahuu laa yadzillu man waalait. Wa laa ya 'izzu man 'aadait. Tabaarokta robbanaa wata'aalait. Falakal hamdu 'alaa maa qodhoit. Astaghfiruka wa atuubu ilaik. Wa shollallahu 'alaa sayyidinaa muhammadininnabiyyil ummiyyi wa 'alaa aalihii washohbihii wa sallam.

TERJEMAHAN DOA QUNUT

Ya Allah tunjukkan aku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Berikan kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau peliharakan. Berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan.

Dan selamatkan aku dari bahaya yang telah Engkau tentukan. Maka sesungguhnya, Engkaulah yang menghukum dan bukannya yang kena hukum. Dan sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi.

Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi. Maka bagi Engkaulah segala pujian di atas apa yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampun dari-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya
Baca juga Doa-doa Harian Lainnya:
  1. Bacaan Ayat Seribu Dinar Arab Latin dan Artinya
  2. Bacaan Doa Iftitah Latin, Arab dan Artinya
  3. Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid
  4. Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah
  5. Teks Bacaan Doa Selamat Arab, Latin, dan Artinya
  6. Teks Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu
  7. Teks Bacaan Doa Tahajud Arab, Latin dan Artinya
Semoga bacaan Do'a Qunut diatas bisa membantu Anda dalam menjalankan ibadah Sholat Subuh. Silahkan di baca dan di pahami ya Do'a Qunut-nya. Sekian semoga bermanfaat.
Bacaan Doa Qunut Arab, Latin dan Terjemahannya | abdan syakuro | 5