Inilah Keutamaan Bacaan Dzikir Istigfar, Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil Setelah Sholat

Bacaan Dzikir Tasbih, Takbir, Tahlil, Tahmid, dan Istigfar Setelah Sholat - Bagi kita yang beragama muslim ketika kita selesai melaksanakan ibadah shalat, kita disunahkan untuk berzikir dengan meDSalah satu amalan yang biasa kita lakukan adalah dengan membaca Istigfar, Tasbih, Tahmid, Takbir, masing-masing sebanyak tiga puluh tiga kali dan Tahlil seratus kali. Tasbih berarti mensucikan Allah dari sifat-sifat makhluk-Nya. Sementara tahmid yaitu memuji Allah, Tuhan semesta alam. Dan takbir adalah mengagungkan kebesaran Allah SWT. 
Allah berfirman dalam al-Quran: ”Hai orang-orang yang beriman! berzikirlah (mengingat) kepada Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” (al-Ahzaab: 41-42).
Hal ini juga dijelaskan dalam Hadist Nabi bahwasannya Nabi SAW bersabda:
"Barangsiapa bertasbih sebanyak tiga puluh tiga kali, bertakbir tiga puluh tiga kali, dan bertahmid tiga puluh tiga kali, kemudian mengucapkan: Laa ilaaha illa Allah wahdahu laa syarikalah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ’ala kulli sya’in qadir, setiap selesai shalat, maka akan diampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan.”(HR Imam Ahmad, Darimi, Malik)
Setiap kalimat tasbih adalah sedekah, takbir adalah sedekah, tahmid adalah sedekah dan tahlil adalah sedekah.” (HR Muslim)
“Hendaklah dia membaca seratus tasbih, maka ditulis seribu kebaikan baginya atau dihapuskan darinya seribu keburukan.”
“Maukah Aku sampaikan kepada kalian amalan yang dapat melampaui derajat orang kaya dan tidak ada yang mengalahkan derajat kalian sehingga menjadi yang terbaik di antara kalian dan mereka, kecuali mengerjakan amalan berikut, yaitu membaca tasbih, tahmid, dan takbir setiap selesai shalat sebanyak 33 kali.”(HR Bukhori)
“Dua Kalimat yang ringan di lidah dan berat dalam timbangan amal, dan sangat disukai oleh Tuhan Arrahman, adalah: Subhanallahi wabihamdihi (Maha Suci Allah Yang Maha Agung dan segala puji bagiNya).
“Ucapan yang paling Allah sukai itu adalah empat : Subhanallah, al-Hamdulillah, Laa Ilaaha Illa Allah, Allahu Akbar. Tidak ada bahaya darimanapun kamu mulai.” (HR. Muslim)
Bacaan Dzikir Tasbih, Takbir, Tahlil, Tahmid, dan Istigfar Setelah Sholat
Baiklah Beriktu ini Bacaan Istigfar, Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil dan Artinya
1. Bacaaan tasbih :
سُبْحَانَ اللّهُ
“Subhanallah”,
artinya
 “Maha Suci Allah”.

2. Bacaan Tahmid : 
اَلْحَمْدُلِلّهِ 
“Alhamdulillah”, 
artinya
“Segala Puji Bagi Allah”.

3. Bacaan Takbir :
اَللّهُ اَكْبَرُ 
“Allahu Akbar”, 
artinya 
“Maha Besar Allah” .

4. Bacaan Tahlil :
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ 
 “Laa ilaha illallah”, 
artinya 
“Tiada Tuhan Selain Allah”.

5. Bacaan Istighfar : 
 اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ
“Astaghfirullah hal adzim”, 
artinya 
“Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung”.
Dari uraian diatas dapat kita ambil hikmah betapa besarnya sekali keutamaan berzikir membaca tasbih, tahmid dan takbir setalah sholat. Maka dari itu marilah kita bersama-sama mengamalkan amalan dari Rasulullah ini. Mudah-mudahan Alllah SWT memberikan rahmat dan keberkahan kepada kita semua. Sekian semoga bermanfaat.
Inilah Keutamaan Bacaan Dzikir Istigfar, Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil Setelah Sholat | abdan syakuro | 5