Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya

Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya - Assalamualaikum,,,sahabat mediapustaka.com yang dirahmati Allah SWT. Pada kesempatan kali ini admin akan menuliskan Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya. Namun sebelum kita lebih jauh ke bahasan tersebut, ada baiknya admin menjelaskan telebih dahulu pengertian puasa dan tujuan puasa itu sendiri.

Arti puasa menurut bahasa adalah menahan. Sedangkan, menurut syariat islam puasa adalah suatu bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga matahari terbenam atau lebih tepatnya waktu maghrib dengan dimulai dari membaca niat dalam hati terlebih dahulu di waktu malam harinya. Dengan kata lain waktu berpuasa dimulai sejak waktu imsak ( Sebelum Shubuh ) sampai waktu sholat maghrib.

Puasa bertujuan supaya kita menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan berpuasa kita bisa berlatih untuk belajar menahan hawa nafsu, sabar, disiplin, jujur, peduli dengan fakir miskin, dan selalu bersyukur kepada Allah SWT. Tak hanya itu puasa juga bisa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Salah satu Ibadah puasa yang wajib dikerjakan oleh semua muslim adalah puasa di bulan Ramadhan selama satu bulan lamanya. Niat berpuasa bisa dilakukan malam hari setelah sholat tarawih atau pada pagi hari setelah selesai sahur. 
Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya
Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya
Berikut ini bacaan niat puasa:

    نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

nawaitu shouma ghodin 'an ada-i fardhisy syahri romadhoni hadzihissanati fardhon lillahi ta'ala

artinya: 
saya berniat puasa besok karena menjalani kewajiban bulan Ramadhan pada tahun ini karena Allah ta'ala.

Berikut ini bacaan doa buka puasa:


    اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ أَمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

allahumma laka shumtu wa bika amantu wa 'ala rizqika afthartu birohmatika ya arhamarrohimin

artinya: 
Ya Allah, bagi-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman dan atas rizki-Mu aku berbuka dengan kasih sayang-Mu wahai dzat yang Maha Pengasih lagi Penyayang

Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Semoga tulisan ini bermanfaat.Aamin,
Bacaan Doa Buka Puasa dan Artinya | abdan syakuro | 5