Bacaan Doa Iftitah Latin, Arab dan Artinya

Bacaan Doa Iftitah Latin, Arab dan Artinya - Doa Iftitah adalah sebuah doa yang dibaca setalah takbiratul ihram pada setiap melaksanakan sholat wajib lima waktu. Doa Iftiah ini sangat dianjurkan untuk dibaca setiap sholat karena banyak keutamaan di dalam Doa iftitah ini.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan menuliskan
Bacaan Doa Iftitah beserta artinya dan hukumnya. Baiklah dibawah ini kami tuliskan untuk anda yang mau belajar atau menghafal Doa Iftitah dan Terjemahannya mari saja kita lihat bacaan doanya dibawah ini :
Doa Iftitah
Doa Iftitah


اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya :
Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

Hukum Membaca Doa Istiftah
Hukum Membaca Doa Iftitah adalah sunnah. Walaupun hukumnya sunnah akan tetapi sangat dianjurkan untuk membaca doa Iftiah ini sebagai salah satu kesempurnaan dalam shalat.
Do ini dibaca setiap setelah takbiratul ihram rakaat pertama dalam sholat 5 waktu. Diantaranya dalilnya adalah hadist dari Abu Hurairah:
كان رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذا كبَّر في الصلاة؛ سكتَ هُنَيَّة قبل أن يقرأ. فقلت: يا رسول الله! بأبي أنت وأمي؛ أرأيت سكوتك بين التكبير والقراءة؛ ما تقول؟ قال: ” أقول: … ” فذكره
Artinya:
“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam setelah bertakbir ketika shalat, ia diam sejenak sebelum membaca ayat. Maka aku pun bertanya kepada beliau, wahai Rasulullah, kutebus engkau dengan ayah dan ibuku, aku melihatmu berdiam antara takbir dan bacaan ayat. Apa yang engkau baca ketika itu adalah:… (beliau menyebutkan doa Iftitah )” (Muttafaqun ‘alaih)
 
Baca Juga Doa Lainnya
  1. Bacaan Ruqyah dan Artinya | Tata Cara Ruqyah Syar'iyyah
  2. Bacan Doa Ketika Wudhu dan Tata Cara Wudhu
  3. Doa Menjenguk Orang Sakit
  4. Bacaan Dzikir Istigfar, Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil Setelah Sholat
  5. Kumpulan Doa Sehari-hari untuk Anak-anak
Demikianlah Bacaan Doa Iftitah Latin, Arab dan Artinya yang bisa admin tuliskan pada kesempatan kali ini. Semoga anda bisa dengan mudah untuk mengahfalkannya untuk diamalkan disetiap melaksanakan Shalat Wajib lima waktu. Mungkin cukup sekian postingan kali ini perjumpaan kali ini. Semoga Tulisan ini bermanfaat. 
Bacaan Doa Iftitah Latin, Arab dan Artinya | abdan syakuro | 5