Bacaan Ruku’ dan I’tidal Lengkap dengan Artinya

Bacaan Ruku’ dan I’tidal – mediapustaka.com pada artikel kali ini akan membahas mengenai Bacaan Ruku’ dan I’tidal pada waktu melaksanakan shalat. Dengan harapan setalah kita tahu bacaan dan makna Bacaan Ruku’ dan I’tidal shalat kita menjadi semakin khusyu, sehingga kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dan bisa menambah ketaqwaan kita kepada Allah swt.

Baiklah berikut ini kami sampaikan Bacaan Ruku’ dan I’tidal dalam bahasa arab, latin dan Artinya 

 سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

 (Dibaca 3x)

 
SUBHAANA RABBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH.
 

 Artinya :
Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan Memuji-Nya.

Bacaan Ruku’ diatas dianjurkan untuk selalu dibaca ketika kita melaksanakan shalat paling sedikitnya dibaca sekali dan sempurnanya dibaca tiga kali. Sebagaimanna dijelaskan dalam hadist “Apabila kalian ruku’ maka bacalah dalam ruku’ kalian “Subhana rabbiyal adziimi wa bihamdih” tiga kali.” (HR. Tirmidzi).

Setelah membaca doa ruku’ diatas, kemudian kita bangkit berdiri tegak dari ruku’ dan mengangkat kedua tangan sejajar telinga, dengan membaca :

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ
SAMI’ALLOOHU LIMAN HAMIDAH

Artinya :
Allah mendengar orang yang memuji-Nya


Kemudian membaca bacaan doa i’tidal berikut ini :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’US SAMAAWATI WA MIL’UL ARDHI WA MIL ‘UMAASYI’TA MIN SYAI’IN BA’DU.

Artinya :
Wahai Tuhan Kami ! Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.

Baca Juga:

Doa Iftitah dan Artinya 

 
Nah,,,,Itulah pemaparan mengenai Bacaan Ruku’ dan I’tidal dan Artinya, semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Semoga Allah senantiasa menganugrahi kita dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi dunia dan Akhira, serta melindungi kita dari ilmu-ilmu yang tidak bermanfaat dan menyesatkan. Aamiin.