Bacaan Surat Al Fil dan Terjemahannya

Bacaan Surat Al Fil Arab, Latin, dan Terjemahannya.

Surat Al Fil merupakan surat ke-105 dalam urutan Al Quran yang terdiri dari lima ayat. Al Fil termasuk surat Makiyyah yang diturunkan kepada Rasullulah sebelum berhijrah ke kota Madinah. Surah Al-Fiil menceritakan tentang kisah yang sangat masyhur, yaitu kisah Abrahah bersama tentara gajahnya datang ke Makkah untuk menghancurkan Ka’bah.

Berikut ini Bacaan Surat Al Fil secara lengkap dengan tulisan Arab, Latin dan Terjemahaanya.

ِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Bismillahi rrahmani rrahim.

Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ

Alam tara kaifa fa‘ala rabbuka bi’aṣḥābil-fīl(i).

1. Tidakkah engkau (Nabi Muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ

Alam yaj‘al kaidahum fī taḍlīl(in).

2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ

Wa arsala ‘alaihim ṭairan abābīl(a).

3. Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong.

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ

Tarmīhim biḥijāratim min sijjīl(in).

4. Yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ

Fa ja‘alahum ka‘aṣfim ma’kūl(in).

5. Sehingga Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Makna Terkandung Dalam Surat Al Fil

Surah Al Fil menceritakan tentang kisah yang sangat masyhur, yaitu kisah Abrahah bersama tentara gajahnya datang ke Makkah untuk menghancurkan Ka’bah.

Ababil artinya berkelompok-kelompok dan berturut-turut tanpa henti. Mereka tidak mengetahui dari mana datangnya burung-burung tersebut karena mereka tidak pernah terlihat sebelumnya. Tiba-tiba burung-burung datang berbondong-bondong dengan kehendak Allah dengan membawa batu-batu yang terbuat dari tanah lihat yang terbakar.

Burung-burung tersebut melempari pasukan tentara gajah dengan batu-batu yang berasal dari tanah yang terbakar. Disebutkan bahwa setiap burung membawa 3 batu, 1 diparuhnya dan 2 dikakinya kemudian mereka melemparkannya kepada pasukan bergajah tersebut.

Disebutkan ketika burung-burung tersebut mulai melempari tentara Abrahah maka diantara mereka ada yang langsung tewas seakan-akan membelah tubuh mereka, sampai-sampai Allah menyamakan mereka seperti daun yang kering di makan ulat. Namun diantara mereka ada pula yang selamat tetapi cacat.

Abrahah sendiri terkena lemparan batu dan tidak mati saat itu. Dia lari menuju Yaman dalam keadaan tubuhnya terlepas sedikit demi sedikit. Sungguh ini merupakan siksaan yang sangat pedih di dunia. Allah sengaja menunda kematiannya hingga tiba di Yaman, kemudian terbelahlah dadanya dan keluarlah jantungnya, akhirnya dia meninggal dunia.

Disebutkan pula oleh Ibnu Hisyām, dengan sanad yang hasan, ‘Āisyah menceritakan bahwa dia melihat pemimpin gajah dan pawangnya masih hidup dalam kondisi buta meminta-minta makanan di Mekah (lihat As-Siroh An-Nabawiyah As-Shahihah 1/98). Pasukan Abrahah tidak semuanya mati, masih ada yang hidup, namun dalam keadaan buta dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.

Itulah makna dari QS. Al Fil ayat 1-5. Semoga Bacaan Surat Al Fil Arab, Latin, dan Terjemahannya ini bermanfaat bagi kita semua. Aamin.