Nama Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui

Nama Nama 25 Nabi dan Rasul- Beriman kepada Nabi dan Rasul adalah salah satu rukun iman dalam agama Islam, dimana tidak sah iman seseorang tanpa beriman kepada Nabi dan Rasul. Dengan demikian iman kepada Nabi dan Rasul berarti menyakini bahwa Allah telah memilih orang-orang terbaik-Nya untuk menjadi Nabi atau Rasul. Termasuk didalamnya keyakinan bahwa para Nabi dan Rasul itu menyampaikan petunjuk, perintah, larangan dan peringatan- peringatan Allah kepada umat manusia, serta memberikan contoh perilaku terpuji seperti yang telah mereka amalkan.

Pengertian Nabi dan Rasul.

  1. Nabi adalah seorang utusan Allah SWT dengan jenis kelamin laki- laki yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT namun tidak wajib disampaikan kepada umatnya.
  2. Rasul adalah utusan Allah SWT dengan dengan jenis kelamin laki-laki yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT dan memiliki kewajiban untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya.

Nama Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui

Nama Nama 25 Nabi dan Rasul
Nama Nama 25 Nabi dan Rasul

Jumlah nabi sebenarnya berjumlah 124000 orang,sedangkan jumlah para rasul ada 315 orang dalam suatu jumlah yang amat besar (HR ahmad)

Adapun 25 nabi dan rasul wajib kita ketahui dan kita imani adalah:
  1. Nabi Adam A.S
  2. Nabi Idris A.S
  3. Nabi Nuh A.S
  4. Nabi Hud A.S
  5. Nabi Sholeh A.S
  6. Nabi Ibrahim A.S
  7. Nabi Luth A.S
  8. Nabi Ismail A.S
  9. Nabi Ishaq A.S
  10. Nabi Ya'kub A.S
  11. Nabi Yusuf A.S
  12. Nabi Ayub A.S
  13. Nabi Suaeb A.S
  14. Nabi Musa A.S
  15. Nabi Harun A.S
  16. Nabi Zulkifli A.S
  17. Nabi Daud A.S
  18. Nabi Sulaiman A.S
  19. Nabi Ilyas A.S
  20. Nabi Ilyasa A.S
  21. Nabi Yunus A.S
  22. Nabi Zakariya A.S
  23. Nabi Yahya A.S
  24. Nabi Isa A.S
  25. Nabi Muhammad S.A.W

Nabi dan Rasul Dalam Al-Qur;an.

Al-Qur'an menyebut beberapa orang sebagai nabi. Nabi pertama adalah Adam. Nabi sekaligus rasul terakhir ialah Muhammad SAW yang ditugaskan untuk menyampaikan Islam dan peraturan yang khusus kepada manusia di zamannya sehingga hari kiamat. Selain ke-25 nabi sekaligus rasul, ada juga nabi lainnya seperti dalam kisah Khidir bersama Musa yang tertulis dalam Surat Al-Kahf - Ayat 66-82. Terdapat juga kisah Uzayr dan Syamuil, juga nabi-nabi yang tertulis di Hdits dan Al-Qur;an, seperti Yusya' bin Nun, Zulqanain, Iys, da Syits.

Sifat-sifat Para Nabi dan Rasul.

Nabi dan Rasul sebelum diangkat menjadi Nabi memiliki ciri-ciri kenabian/nubuwwah yang disebut juga dengan irhash. Nabi Muhammad SAW sejak kecil terkenal dengan akhlak yang mulia dengan sebutan AL-Amin. Berikut adalah ciri atau sifat-sifat para nabi dan para rasul.
  1. Siddiq berarti benar dan perkataan dan perbuatan. jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang pembohong yang suka berbohong.
  2. Amanah artinya terpercaya atau dapat dipercaya. Jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang pengkhianat yang suka khianat.
  3. Fathanah adalah cerdas, pandai atau pintar, jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang yang bodoh dan tidak mengerti apa-apa.
  4. Tabligh adalah menyampaikan wahyu atau risalah dari Allah SWT kepada orang lain. Jadi mustahil jika seorang nabi dan rasul menyembunyikan dan merahasiakan wahyu / risalah Allah SWT
Demikianlah Nama Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk semua. 
 
Nama Nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui | abdan syakuro | 5