Rukun Islam Beserta Penjelasannya

Rukun Islam Beserta Penjelasannya - Rukun Islam adalah lima tindakan dasar dalam Islam, dianggap sebagai pondasi wajib bagi orang-orang beriman dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. Seorang yang telah menyatakan dirinya muslim (beragama islam) haruslah mengerti dan menjalankan pokok-pokok ke-islaman atau yang disebut dengan rukun islam yang lima. Berikut ini Rukun Islam berserta penjelasannya.
 
rukun islam
rukun islam
1. Mengucap Dua Kalimat SyahadatSyahadat merupakan asas dan dasar dari lima rukun Islam, juga sebagai merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Dua kalimat Syahadat ini adalah dua perkataan pengakuan yang diucapkan dengan lisan dan dibenarkan oleh hati untuk menjadikan diri sebagai orang Islam.
أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله
Lafadznya:
Asyhadu an-Laa Ilaaha Illallah wa Asyhadu an-na Muhammadarrasuulullah.

Artinya: 
Aku besaksi Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Utusan Allah.

Makna 2 kalimah Syahadat atau Syahadattain adalah:
  • Syahadat Tauhid Artinya menyaksikan ke-Esaan Allah subhanahu wa ta'ala. 
  • Syahadat Rasul Artinya menyaksikan dan mengakui kerasulan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam
Jika seseorang yang bukan Islam membaca dua kalimat syahadat diatas dengan sungguh-sungguh, yaitu membenarkan dengan hati apa yang ia ucapkan, serta mengerti apa yang ia ucapkan, maka masuklah ia ke dalam agama Islam. Dan ia berkewajiban mengerjakan rukun Islam.

2. Mendirikan Sholat 5 Waktu sehari semalam.
Shalat merupakan hubungan antara hamba dengan Rabb-nya yang wajib dilaksanakan lima waktu dalam sehari semalam yang dimulai dari sholat subuh, zuhur, ashar, magrib dan Isya. Oleh karena itu, dalam masalah shalat, seorang muslim harus memperhatikan :
  • Harus dikerjakan pada waktunya, dan yang paling utama ialah dikerjakan awal waktu.
  • Shalat harus dikerjakan dengan khusyu` dan thuma’ninah.
  • Shalat Harus dikerjakan sesuai dengan contoh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , dari mulai takbir sampai salam
  • Bagi laki-laki, sebaiknya mengerjakannya dengan cara berjama’ah di masjid.
3. Menunaikan Zakat
Zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. Zakat merupakan rukun ketiga dari rukun Islam. Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah seperti salat, haji, dan puasa yang telah diatur secara rinci berdasarkan Alquran dan Sunah. sebagaiman firman Allah Swt:

“Dan dirikanlah shalat, tunaikannlah zakat dan ruku’lah beserrta orang-orang yanng ruku'”(QS. Al Baqarah:43)

“Ambillah Zakat darri sebaggian harrta mereka, dengan zakkat itu kammu membersihhkan dan mensuccikan mereka”(At. taubah: 103)

4. Manjalankan Puasa di bulan Ramadhan.
Puasa adalah menahan dari apa pun yang membatalkan puasa, disertai niat untuk berpuasa dari terbit fajar sampai tenggelam matahari (maghrib). Puasa Ramadhan adalah puasa fardu yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al Quram:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (al-Baqarah: 183)

Dan firman-Nya :
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“Bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (al-Baqarah : 185)

5. Menunaikan Ibadah Haji Kebaitullah
Haji adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Dzulhijjah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu. Hukum menunaikan ibadah haji adalah wajib bagi setiap muslim yang mampu dan berkewajiban itu hanya sekali seumur hidup. Apabila melakukannya lebih dari satu kali, maka haji yang kedua dan seterusnya hukumnya sunnah.

Demikianlah artikel tentang Rukun Islam Beserta Penjelasannya, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda semuanya
Rukun Islam Beserta Penjelasannya | abdan syakuro | 5