Tata Cara dan Bacaan Do'a Sholat Jenazah

Tata Cara dan Bacaan Do'a Sholat Jenazah - Sahabat mediapustaka.com Apabila ada orang muslim yang meninggal dunia, maka ada beberapa hal yang orang Islam wajib dikerjakan.Akan tetapi wajib disini adalah wajib fardhu Kipayah yang artinya sesuatu perbuatan yang cukup dikerjakan oleh beberapa orang saja, atau apabila sesuatu perbuatan itu telah dilakukan oleh seseorang, maka gugurlah yang lain dari kewajibannya. Akan tetapi apabila jenazah itu sampai terlantar, tidak ada yang melaksanakan, maka semua kaum muslimin yang ada berdosa semuanya. Kewajiban tersebut terdiri dari 4 hal diantaranya adalah :

  1. Memandikan
  2. Mengkafani (membungkus)
  3. Menyalatkan (menyembahyangkan)
  4. Menguburkan (mengebumikan)
Empat hal diatas merupakan kewajiban yang harus dikerjakan orang muslim apabila ada orang muslim meninggal dunia. Dan pada kesempatan kali ini admin akan memfokuskan pembahasan kewajiban muslim point no 4 yaitu menyalatkan jenazah baik jenazah laki-laki ataupun perempuan. Sebelum lebih jauh admin memaparkan Tata Cara dan Bacaan Do'a Sholat Jenazah, alangkah baiknya mari kita simak dulu Syarat dan shalat jenazah, berikut ini:

Syarat Shalat Jenazah

  1. Shalat jenazah seperti halnya dengan shalat yang lain, yaitu harus menutupi aurat, suci dari hadats besar dan kecil, bersih badan, pakaian dan tempatnya dari najis serta menghadap kiblat.
  2. Jenazah sudah dimandikan dan dikafani
  3. Letak jenazah sebelah kiblat orang yang menyalatkannya, kecuali kalau shalat yang dilakukan di atas kubur atau shalat gaib.
Rukun Shalat Jenazah

  1. Membaca Niat
  2. Berdiri bagi yang kuasa
  3. Takbir sebanyak empat kali
  4. Membaca Surat Al Fatihah
  5. Membaca shalawat atas Nabi  
  6. Mendoakan mayat
  7. Membaca salam
 
Tata Cara dan Bacaan Do'a Sholat Jenazah
Sholat Jenazah
Nah setelah kita tahu Syarat dan Rukun Shalat Jenazah, Sekarang tiba saatnya admin menyampaikan Tata Cara Shalat Jenazah beserta Bacaan Do'a Sholat Jenazah yang akan admin sampaikan berikut ini :

1. Membaca Niat Shalat Jenazah

 Niat Sholat Jenazah untuk mayit Laki-laki

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya :
Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Jenazah untuk mayit Perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
USHOLLI 'ALAA HAADZIHIL MAYYITATI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya :
Saya niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.

2. Melakukan Takbir Pertama
Setelah takbir pertama, membaca surat Al Fatihah dan disunatkan membaca ta'awwudz terlebih dahulu sebelum membaca Fatihah.

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم
A'uudzubillaahi minasy syaithaanir rajiim

Artinya
Aku berlindung dari syaitan yang terkutuk

Setelah membaca ta'awwudz selanjutnya membaca surat Al Fatihah.
3. Melakukan Takbir Kedua
Bacaan setelah takbir kedua yaitu membaca shalawat kepada Nabi.

أللهم صَلِّ علي محمد وعلي ألِ محمد كما صَلَيْتَ علي إبراهيم وعلي أل إبراهيم وبارِكْ علي محمد وعلي أل محمد كما باركت علي إبراهيم وعلي أل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد

Allaahumma shalli 'alaa  muhammadin, wa 'alaa aali  muhammadin, kamaa shallaita 'alaa ibraahiima, wa 'alaa aali  ibraahiima. Wa baarik 'alaa  muhammadin, wa 'alaa aali  muhammadin, kamaa baarakta 'alaa ibraahiima, wa 'alaa aali  ibraahiima.  Fil 'aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya:

“Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

3. Melakukan Takbir  ke tiga
Setelah takbir ke tiga, dinajutkan dengan membaca doa di bawah ini :


اللهم اغْفِرْ لَهُ وارْحَمهُ وعافِهِ واعفُ عنه وأَكْرِمْ نُزولَهُ ووسِّعْ مَدخلَهُ واغْسِلْهُ بِماءٍ وثَلْج وبَرَدٍ ونَقِهِ من الخَطايا كما يُنَقَي الثَوبُ الأَبْيَضُ مِنِ الدَنَسِ وأَبْدِلْهُ دارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وأَهْلًا خَيْراً من أهلِهِ وَزَوْجًا خَيْراً مِن زَوْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وعَذَابَ النارِ

Allaahummaghfirlahu, warhamhu, wa 'aafihi, wa'fu 'anhu, wa akrim nuzuulahu, wa wassi' madkhalahu, waghsilhu bimaa-in watsaljin wabaradin, wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi, wa abdilhu daaran khairan min daarihi, wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, waqihi fitnatal qabri wa 'adzaabannaar.

Artinya:

Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia,  ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun  sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan isri yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

4. Melakukan Takbir Ke Empat
Setelah takbir ke empat, membaca doa di bawah ini :

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَهُ

Allaahumma laa tahrimnaa ajrahu, walaa taftinnaa ba'dah

Artinya:

Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.
5. Terkahir Membaca Salam

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh
 

Artinya:
"Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semua"

Demikian pembahasan mengenai Tata Cara dan Bacaan Do'a Sholat Jenazah, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sehingga apabila ada ada orang muslim yang meninggal dunia kita sudah tahu caranya dan tidak bingung lagi tentang tata cara shalat jenazah beserta bacaannya

Tata Cara dan Bacaan Do'a Sholat Jenazah | abdan syakuro | 5