Teks Bacaan Surat Al-Lahab Arab Latin Indonesia dan Terjemahannya

Bacaan Surat Al-Lahab dan Terjemahannya -  Sahabat mediapustaka.com Tahukah anda, asal mula dan bacaan surat Al-Lahab? Kemudian, tahukah anda isi yang terkandung dari kisah yang ada dalam surat Al-Lahab ini ? Yuk kita pelajari bersama Bacaan Surat Al-Lahab dan Terjemahannya.

Surat Al-Lahab ialah surat urutan ke-111 dalam Al-Qur'an. Surat ini terdiri dari  5 ayat dan termasuk dalam golongan surat makiyyah atau surat yang diturunkan di Mekkah. Nama Al Lahab sendiri diambil dari ayat ketiga surat ini yang artinya gejolak api.

Dalam Surat Al-Lahab ini dikisahkan Bahwa Abu Lahab dan isterinya adalah penentang Rasulullah SAW. Keduanya akan celaka dan masuk neraka. Harta Abu Lahab tak berguna untuk keselamatannya demikian pula segala usaha-usahanya.

Teks Bacaan Surat Al-Lahab Arab Latin Indonesia dan Terjemahannya
Bacaan Surat Al-Lahab dan Terjemahannya
Sebagai imformasi Abu Lahab merupakan keturunan dari suku Quraisy yang memusuhi, menentang dan menghalang-halangi dakwah Rasulullah SAW dalam menegakkan agama Islam di Mekah. Abu Lahab selalu menghasud para pengikut Nabi Muahammad SAW supaya tidak mengikuti ajaran Nabi. Ia berusaha sedemikian rupa dalam menghalang-halangi dakwah nabi.

Baiklah Berikut ini Bacaan Surat Al-Lahab

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ
Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

Terjemahan Text Qur'an Ayat
Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ 1
Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ 2
Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ 3
Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ 4
Yang di lehernya ada tali dari sabut. فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ 5

Dalam surat Al-Lahab ini, ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik darinya, diantaranya:
  1. Surat ini merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah. Dimana Allah menurunkan surat ini dalam kondisi Abu Lahab dan istrinya masih hidup, sementara keduanya telah divonis sebagai orang yang akan disiksa didalam api neraka, yang konsekuensinya mereka berdua tidak akan menjadi orang yang beriman. Dan apa yang dikabarkan Allah subhanahu wata’ala Dzat Yang Maha Mengetahui perkara yang gaib pasti terjadi.
  2. Tidak berguna sedikitpun harta benda (untuk melindungi) seseorang dari azab Allah ketika ia melakukan perbuatan yang mendatangkan murka Allah subhanahu wata’ala.
  3. Haramnya menganggu orang beriman secara mutlak.
  4. Tidak bermanfaat sedikitpun hubungan kekerabatan seorang musyrik, dimana Abu Lahab adalah pamannya Nabi tetapi ia di dalam neraka.
Selanjutnya
Surat An-Nashr

Sekian Bacaan Surat Al-Lahab, Semoga bermanfaat. Semoga Allah memberi taufik kepada kita semua untuk terus belajar mengkaji Al Quran dan mengamalkannya.
Teks Bacaan Surat Al-Lahab Arab Latin Indonesia dan Terjemahannya | abdan syakuro | 5