Contoh Teks/Paragraf Eksposisi yang Baik dan Benar

Contoh Teks/Paragraf Eksposisi yang Baik dan Benar - Apakah anda saat ini sedang mencari contoh teks Eksposisi ? atau sedang mendapatkan tugas bahasa indonesia untuk membuat paragraf eksposisi. Berikut ini kami sajikan untuk anda contoh teks eksposisi. Tapi sebelumnya, kita pahami dulu apa sih pengertian teks/paragraf eksposisi ?

Paragraf Eksposisi adalah sebuah teks karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi dengan sejelas – jelasnya. Sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Adapun Sumber karangan Eksposisi bisa diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.

Ciri-ciri paragraf eksposisi
  1. berusaha menjelaskan tentang sesuatu
  2. gaya tulisan bersifat informatif
  3. fakta dipakai sebagai alat kontribusi
  4. fakta dipakai sebagai alt konkritasi
Jenis-jenis Karangan Eksposisi
Berdasarkan cara atau metode penguraiannya, karangan eksposisi dapat dibedakan ke dalam beberapa karangan eksposisi. Berikut ini beberapa jenis pengembangan dalam paragraf eksposisi beserta contohnya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Eksposisi berita
Contohnya:
Para pedagang daging sapi di pasar-pasar tradisional mengeluhkan dampak pemberitaan mengenai impor daging ilegal. Sebab, hampir seminggu terakhir mereka kehilangan pembeli sampai 70 persen. Sebaliknya, permintaan terhadap daging ayam dan telur kini melejit sehingga harganya meningkat.

2. Eksposisi ilustrasi
Contohnya:
Dalam tubuh manusia terdapat aktivitas seperti pada mesin mobil. Tubuh manusia dapat mengubah energi kimiawi yang terkandung dalam bahan–bahan bakarnya-yakni makanan yang ditelan– menjadi energi panas dan energi mekanis. Nasi yang Anda makan akan dibakar dalam tubuh sebagaimana bensin dibakar dalam silinder mesin mobil. Sebagian dari energi kimiawi yang disediakan oleh nasi itu diubah menjadi energi panas yang membuat tubuh tetap hangat. Sebagian lagi berubah menjadi energi mekanis yang memungkinkan otot-otot dapat memompa darah dalam tubuh atau menggerakkan dada pada waktu bernapas.

3. Eksposisi Proses
Contohnya:
Energen, nutrisi empat sehat lima sempurna dapat disajikan dengan mudah. Tuangkan energen ke dalam gelas. Tambahkan 150 ml air hangat dan aduk hingga merata. Energen hangat siap dihidangkan.

4. Eksposisi perbandingan
Contohnya:
Tinju bukanlah jenis olah raga yang banyak peminatnya. Yang banyak adalah penggemarnya. Berbeda dengan olah raga jalan kaki. Peminatnya banyak, penggemarnya sedikit. Tidak ada orang yang menonton orang lain berjalan kaki.

5. Eksposisi pertentangan
Contohnya:
Pascagempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.

6. Eksposisi definisi

Contohnya:
Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

7. Eksposisi analisis
Contohnya:
Berbagai teori dikemukakan untuk mencari latar belakang kematian Merilyn Monroe. Ada yang berpendapat dia diancam oleh mafia. Seorang detektif memperkirakan, Merilyn pernah berhubungan dengan J.F. Kennedy. Dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik tokoh penting AS tersebut. …

8. Eksposisi klasifikasi
Contohnya:
Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

Bagimana apakah anda sekarang bisa membuat Contoh Teks Eksposisi. Kami yakin anda pasti bisa dan mengerti mengenai teks Eksposisi. Jika Demekian, mungkin cukup sekian dulu pembahasan mengenai materi bahasa indonesia yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat bagi semuanya.
 
Contoh Teks/Paragraf Eksposisi yang Baik dan Benar | abdan syakuro | 5