Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Pengertian Internet Menurut Para Ahli - Sahabat mediapustaka.com tahukah anda apa itu Internet ? Bagaimana sejarahnya internet ? dan Manfaat Internet itu sendiri ? Seperti yang kita ketahui bersama bahwa internet telah menciptakan revolusi yang sangat tidak terduga dalam dunia teknologi, informasi maupun komunikasi.

Pengertian internet ( interconnection networking) sendiri adalah  adalah suatu konsep jaringan yang sangat luas, dan berlaku secara internasional. Itu artinya, setiap komputer yang ada di dunia ini memilki hak yang sama untuk saling terhubung dengan jaringan tersebut. Secara fisik, internet dapat digambarkan seperti jaring-jaring yang menyerupai jaring laba-laba yang menyelimuti bumi yang terhubung melalui titik-titik (node). Node dapat berupa komputer maupun peralatan (peripheral) lainnya.
Pengertian internet

Berikut ini akan kami sajikan beberapa Pengertian Internet Menurut Para Ahli.

1. Pengertian Internet Menurut Sibero (2011)

Internet atau yang merupakan kependekan dari Inter-connected Network merupakan sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

2. Pengertian Internet Menurut Sarwono

internet merupakan sebuah kumpulan jaringan yang memiliki skala global. Bahkan, lebih lanjut Sarwono mengatakan bahwa tidak ada satupun orang yang mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri. Mulanya internet hanya digunakan dalam kebutuhan militer, namun kini internet merambah pada keperluan masyarakat sipil dan juga bentuk hiburan

3. Pengertian Internet menurut Allan (2005, p12) 

internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.

4. Pengertian Internet Menurut O`Brien (2003, p10) 

Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.

5. Pengertian Internet menurut Onno W. Purbo 

Menjelaskan bahwa Internet dengan berbagai aplikasinya seperti Web, VoIP, E-mail pada dasarnya merupakan media yang digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi. (Prihatna, 2005, p7).

6. Pengertian Internet Greenlaw & Hepp (2002)

Internet adalah sebuah sistem informasi global yang tehubung secara logika oleh address atau alamat yang unik yang berbasis Internet Protocol / IP, dan memiliki dukungan komunikasi TCP / Transmission Control Protocol. Hal ini menyebabkan internet dapat digunakan, diubah, dan juga diakses baik secara umum, maupun secara khusus.

7. Pengertian Internet menurut Strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8)

Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan komputer.

Setelah membaca pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP. 

Sekian semoga dengan adanya artikel ini pengetahuan anda mengenai internet menjadi lebih luas lagi dan anda lebih bijak lagi dalam memanfaatkan internet dalam kehidupan sehati-hari.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli | abdan syakuro | 5