Pengertian, Fungsi dan Jenis Peta

Pengertian Peta - Peta adalah suatu representasi atau gambaran unsur-unsur atau kenampakan-kenampakan abstrak, yang dipilih dari permukaan bumi atau benda-benda yang ada kaitannya dengan permukaan bumi dan benda-benda angkasa, dan umunnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan. (ICA, 1997 dalam Jauhadi 2011).

Dengan kalimat sederhana peta adalah pengecilan dari permukaan bumi atau benda angkasa yang digambar pada bidang datar, dengan menggunakan ukuran, symbol, dan sitem generalisai (penyederhanaan).
Kegunaan peta antara lain:
  1. Untuk keperluan pelaporan (recording)
  2. Peragaan (displaying)
  3. Analisis (analyzing)
  4. Pemehaman dalam interaksi (interrelation) dari objek atau kenampakan secara keruangan (spasial relationship).
Sebagai alat bantu, peta mempunyai peranan penting bagi manusia terutama dalam melakukan pengamatan atau pekerjaan lapangan, laporan penelitian, atau dalam mempelajari fenomena yang berkaitan dengn kehidupan manusia. Data-data yang dibuat peta adalah data yang bersifat kulaitatif dan kauntitatif, serta data tersebut mempunyai lokasi dan ruang yang jelas. Data yang bersifat kuantitatif dapat diwujudkan dalam bentuk diagram atau symbol peta yang mencerminkan nilai atau jumlah. Sedangkan data kualitatif merupakan suatu data mengenai fenomena-fenomena sosial.

Klasifikasi Peta
Peta dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam menurut bentuk peta, isi peta, skala peta, tujuan/ fungsi peta dan sebagainya. Bos ES, 1997 (dalam Jauhadi, 2011).
Klasifikasi peta dikelompokan ke dalam 3 golongan.
1.    Penggolongan peta menurut isi:
  • Peta umum atau peta rupa bumi atau yang disebut peta rupa bumi, yakni peta yang menggambarkan bentang alam secara umum permukaan bumi.
  • Peta tematik, yakni peta yang memuat tema khusus untuk kepentinga tertentu.
  • Peta navigasi, yakni peta yang dibuat secara khusus atau bertujuan praktis untuk membantu para navigasi laut.
2.    Penggolongan peta berdasarkan skala.
  • Peta skala sangat besar    : > 1 : 10.000
  • Peta skala besar        : < 1 : 100.000 – 1 : 10.000
  • Peta skala sedang        : 1 :100.000 – 1 : 100.000
  • Peta skala kecil         :  > 1 :1.000.000
3.    Penggolongan peta berdasarkan kegunaan
Meliputi peta pendidikan, peta ilmu pengetahuan, informasi umum, turis, navigasi, aplikasi teknik, perencanaan wilayah.

Fungsi dan Jenis Peta
Fungsi peta yang paling utama barangkali untuk orientasi atau navigasi. Dalam kasus, kebanyakan peta yang dijumpai di masyarakat umum, dengan pengecualian chat cuaca, diproduksi untuk membantu dalam orientasi atau navigasi. Orang yang menggunakan peta orientasi (peta jalan, peta topografi chat) untuk dapat mencapai dari suatu tempat ketempat lain dalam suatu rute yang telah dipilih/ ditentukan sebelumnya, dan ingin dapat mengecek peta/chat apakah mereka masih pada jalan yang benar selama dalam perjalanan mereka.

Fungsi peta yang lain adalah kodifikasi, misalnya mempertunjukan situasi yang sah sebagaimana adanya, seperti situasi hak milik. Di Negara-negara Eropa daratan dengan adanya peningkatan jumlah Negara-negara di seluruh dunia, peta kadastral yang diproduksi itu mempunyai fungsi untuk kodifikasi kepemilikan tanah.

Kategori peta merupakan bagian dimana peta-peta dengan tema yang sama diturunkan, perencanaan kota (town plan), peta cuaca, peta geologi, peta penduduk, peta bahasa, dan lain-lain.

Desain Peta (Simbol-simbol untuk Menggambarkan Data Yang Berkaikan Dengan Titik, Garis, Wilayah, dan Volume).

Data yang harus divisualisasikan akan selalu mengacu kepada fenomena objek atau fenomena nyata. Ia dapat dalam bentuk ketinggian yang diukur pada suatu titik tertentu, intensitas lalu lintas yang diukur sepanjang jaringan lalu lintas tersebut, jumlah penduduk yang tinggal di daerah tersebut, atau sebuah volume bukit dalam ribuan meter kubik.

Dalam kartografi kita menggunkan symbol titik (dot), symbol garis (dash), dan simbolbidang (patches), untuk mempresentasikan lokasi dan atribut-atribut data titik, garis, wilayah dan volume objek.
Pengertian, Fungsi dan Jenis Peta | abdan syakuro | 5