CONTOH PROPOSAL KEGIATAN SOSIALISASI KESEHATAN DIRI DAN MAKANAN BERGIZI | PROPOSAL UKS


A.    LATAR BELAKANG
Pada era globalisasi ini banyak tantangan bagi peserta didik yang dapat mengancam kesehatan fisik dan jiwanya. Tidak sedikit peserta didik menunjukkan perilaku tidak sehat seperti lebih suka mengkonsumsi makanan tidak sehat yang tinggi lemak, gula, garam, rendah serat, dan lain sebagainya. Apalagi sebelum makan tidak mencuci tangan terlebih dahulu, sehingga memungkinkan masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh. Hal ini terjadi diakibatkan kurangnya pengetahuan para peserta didik akan pentingnya menerapkan perilaku hidup sehat kedalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, diperlukannya fasilitas dan program pendidikan jasmani dan rohani yang memadai dan terprogram dengan baik di sekolah tempat peserta didik tersebut menuntut ilmu. Sehingga sekolah dipandang memiliki peranan penting untuk menciptakan dan meningkatkan kesehatan peserta didik yaitu melalui UKS.

Maka dari itu, keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah(UKS) menjadi suatu kebutuhan mendasar bagi setiap sekolah untuk dapat membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup sehat pada peserta didik usia sekolah yang dilakukan secara menyeluruh (komprehensif) dan terpadu (integrative) melalui program pendidikan dan penyuluhan kesehatan diantaranya yaitu melalui kegiatan pemberian susu murni dan penyuluhan tentang pentingnya gizi bagi pertumbuhan serta tata cara memelihara kesehatan tubuh  bagi peserta didik.

Kegiatan pemberian susu murni dilakukan sebagai upaya peningkatan gizi anak-anak peserta didik MI Negeri Cilenga mulai dari kelas 1 hingga kelas VI. Pemberian susu ini dilakukan agar peserta didik lebih mengetahui akan pentingnya susu sebagai elemen penambah dan pembantu dalam pertumbuhan tulang dan peningkatan kecerdasan otak untuk usia dini. Susu juga termasuk dalam bagian 4 sehat 5 sempurna.

Kemudian, Kegiatan penyuluhan tentang pentingnya gizi bagi pertumbuhan serta cara memelihara kesehatan tubuh pun dilakukan karena dipandang penting untuk menambah wawasan juga kepedulian peserta didik akan pentingnya gizi untuk pertumbuhan dan menerapkan pola/ perilaku hidup sehat dalam kehidupannya. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta didik menyadari akan pentingnya gizi dan memlihara kebersihan tubuh serta mampu menerapkan perilaku hidup sehat di dalam kehidupan sehari-harinya.

B.     DASAR HUKUM
  1. UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3 yaitu Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  2. UU No. 4 Tahun 1950 tentang dasar-dasar pendidikan dan pengajaran pasal 9 yang berbunyi: “Pendidikan jasmani yang menuju keselarasan antara tumbuhnya badan dan perkembangan jiwa dan merupakan suatu usaha untuk membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sehat dan kuat lahir dan batin diberikan pada segala jenis sekolahan”(Prof. Soegarda Poerbakawatja, 1976:223)
  3. UU No.23 psl 45 tentang UKS ditegaskan bahwa :“Kesehatan Sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal sehingga diharapkan dapat menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas.”

C.    MAKSUD DAN TUJUAN
Implementasi program UKS yaitu melalui kegiatan Sosialisasi Kesehatan Diri dan Makanan Bergizi bagi pertumbuhan anak merupakan upaya penanaman perilaku hidup sehat kepada peserta didik sejak dini. Proposal ini disusun dengan maksud sebagai dukungan atas pelaksanaan kegiatan pemberian susu murni dan juga penyuluhan pentingnya gizi bagi pertumbuhan serta tata cara memelihara kesehatan tubuh baik berupa dukungan moril, sarana prasana maupun dukungan dana, sehingga kegiatan yang dimaksudkan dapat berjalan dengan maksimal. Tanpa dukungan dari berbagai pihak maka kegiatan yang telah direncanakan tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan diantaranya yaitu agar para peserta didik MI Negeri Cilenga memiliki kualitas kesehatan yang baik, memiliki pengetahuan akan pentingnya gizi bagi pertumbuhan,  memiliki nilai dan sikap positif terhadap prinsip hidup sehat, dan memiliki kebiasaan hidup sehat. Tujuan pendidikan kesehatan tersebut akan tercapai dengan melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan yang dimaksud adalah dengan pemberian susu murni dan penyuluhan tentang pentingnya gizi bagi pertumbuhan.

D.    MATERI KEGIATAN
  1. Sosialisasi tentang pentingnya gizi bagi pertumbuhan serta tata cara memelihara kesehatan tubuh melalui cuci tangan yang benar dari Tim Puskesmas.
  2. Pemberian minuman bergizi berupa susu kaleng kepada seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Cilenga.
E.    WAKTU PELAKSANAAN
Hari/ tanggal    : Sabtu, 31 Oktober 2016

F.    TEMA
Menciptakan Peserta Didik Yang Sehat Lahir Dan Bathin.

G.    SUSUNAN PANITIA
Penanggung jawab        : H. Jaenal Mustopa, S.Ag.,MM
Ketua                               : Tuti maryati, S.PdI
Sekretaris                       : Weni Handayani, S.Pd
Pembimbing                   : Semua Guru MI Negeri Cienga

H.    ANGGARAN BIAYA

No
Uraian
Besar Anggaran
Jumlah
1
Susu Kaleng
210 orang x Rp. 12.000,-
Rp. 2.520.000,-
 2
2 Orang Pemateri Dari Puskesmas
2 Org X Rp 500.000,-
Rp. 1.000.000,-
Jumlah
Rp. 3.520.000,-
Terbilang: Tiga juta lima ratus dua puluh ribu rupiah
 
I.    PENUTUP
Demikian proposal Kegiatan UKS yang dapat kami sampaikan semoga dengan kegiatan ini akan terciptanya peserta didik yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani sehingga dapat menghasilkan Sumber daya masyarakat (SDM) yang berkualitas
CONTOH PROPOSAL KEGIATAN SOSIALISASI KESEHATAN DIRI DAN MAKANAN BERGIZI | PROPOSAL UKS | abdan syakuro | 5