Contoh Proposal Permohonan Bantuan Peternakan Sapi

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Peternakan Sapi - pada kesempatan ini kami akan berbagi contoh proposal kelompok usaha peternakan. Bagi anda yang saat ini sedang berencana membuat proposal peternakan sapi, anda bisa melihat contohnya dibawah ini:

PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN
”NURUL ULUM”
Sekretariat : Kp. Pasirpari RT. 02 / 07 Desa Pasirhuni Kec. Ciawi Kab. Tasikmalaya

Nomor     :     002 / Ponpes NU/2009
Lampiran  :     1 (satu) berkas
Perihal     :     Permohonan Bantuan

Kepada Yth
Dirjen Peternakan Departemen
Pertanian RI
di
     Jakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Teriring do’a dan salam sejahtera bagi kita semua, semoga setiap helaan nafas dan gerak langkah kita senantiasa dalam karunia-Nya, Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjunan alam Nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga, sahabat dan pengikutnya. 

Dalam rangka menumbuhkan kembangkan kondisi ekonomi desa, kami Pengurus Ponpes Nurul Ulum Desa Pasirhuni Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya sedang dan akan melaksanakan pengembangan kegiatan usaha bidang peternakan tersebut. 

Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut, kami memerlukan modal biaya sebesar Rp. 257.760.000,- (Dua ratus lima puluh tujuh juta tujuh ratus enam puluh ribu rupiah). 

Sehubungan dengan hal terebut diatas, dengan ini kami memohon bantuan kepada Dirjen Peternakan Departemen Pertanian RI, untuk berkenan membantu kami sehingga akhirnya tujuan kegiatan dalam rangka menunjang taraf hidup masyarakat akan tercapai. 

Sebagai bahan kajian dan pertimbangan Bapak, bersama ini kami lampirkan identitas dan rencana kegiatan kelompok.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb



Ketua,




MAHDUM
Pasirhuni, 07 Januari 2009
LM3 Ponpes Nurul Ulum
Sekretaris,




ENDANG MUBAROK

Tembusan disampaikan kepada :
  1. Yth. Kepala Badan SDM Peternakan RI
  2. Yth. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat
  3. Arsip
A.    LATAR BELAKANG
Pada umumnya keadaan kondisi ekonomi masyarakat desa sampai saat ini belum sesuai pada  apa yang diharapkan, khususnya masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Ulum di Desa Pasirhuni Kecamatan Ciawi Kab. Tasikmalaya.

Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarkat masih sulit dilaksanakan, hal itu dikarenakan ada beberapa hal antara lain situasi dan kondisi wilayah yang kurang mendukung serta potensi ekonomi yang kurang menunjang akibat kurangnya permodalan usaha, penerapan teknologi keterampilan yang kurang didukung dengan kondisi sosial budaya masyarakat.

Sehubungan dengan kondisi ekonomi tersebut sangat diperlukan adanya suatu upaya nyata di bidang usaha yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa diantaranya melalui usaha ternak Sapi.

Adapun yang menjadi sasaran kegiatan usaha ternak sapi tersebut, adalah masyarakat petani di lingkungan Pondok Pesantren yang mampu melakukan kegiatan usaha dan bertanggung jawab.

B.    MAKSUD DAN TUJUAN
Dengan adanya pelaksanaan kegiatan Usaha Ternak Sapi tersebut, diharapkan sedikit demi sedikit dapat menumbuh kembangkan kegiatan usaha sehinga akhirnya dapat menciptakan tumbuhnya taraf penghidupan masyarakat desa.

C.    IDENTITAS ORGANISASI
Pondok Pesantren Nurul Ulum berada di wilayah Adminsitratif Desa Pasirhuni Kecamatan Ciawi Kab. Taiskmalaya jarak dari Ibu Kota Kecamatan Ciawi kurang lebih 2,5 km terletak di daerah yang strategis.

D.    FAKTOR PENDUKUNG
Budidaya ternak sapi pedaging dengan sistem penggemukan produk utama berupa daging berkualitas dan hasil ikutannya berupa kotoran ternak dijadikan Bokasi sebagai pupuk alternatif dalam mengatasi kelangkaan pupuk kimia.

Bokasi dipersiapkan untuk memperbaharui ekosistem lahan. Mengembalikan kesuburan tanah serta berupaya budi daya tanaman organik agar menghasilkan pangan yang aman dan sehat. Dengna kata lain produk organik, mempunyai pangsa pasar yang cukup baik di supermarket maupun di swalayan.

Budi daya tanaman dengan sentuhan bahan organic disamping dapat memperbaiki kesuburan tanah, hasil sampingan dari tanaman tersebut kembali sebagai cadangan pakan ternak, baik sebagai pakan utama maupun sebagai bahan penguat diolah secara profesional yang menghasilkan pakan ternak organic, diharapkan ternak tersebut produknya akan berkualitas tinggi dan bebas dan pengaruh bahan kimia, serta dikonsumsi akan menjadi hidangan yang aman dan sehat.

E.    RENCANA KEGIATNA USAHA
Rencana kegiatan usaha yang akan dikembangkan dalam rangka kegiatan usaha ini meliputi kegiatan penambahan modal ternak sapi kepada 20 (dua puluh) orang anggota kelompok (terlampir) yang dianggap memenuhi syarat dan mampu melaksanakan kegiatan usaha.

Untuk alokasi dana yang diperlukan bagi anggota sebanyak 20 orang tersebut, berjumlah Rp. 257.760.000,- (Dua ratus lima puluh tujuh juta tujuh ratus enam puluh ribu rupiah).

F.    PENUTUP
Dengna diajukan dan disampaikannya proposal kegiatan usaha ini, kami selaku pengurus kelompok akan berusaha dan berupaya untuk menciptakan suatu keadaan usaha dan iklim, sosial di masyarakat yang kondusif dan menuju tarap kesejahteraan masyarakat. 

Demikian proposal ini kami sampaikan dengan harapan mudah  - mudahan dikabulkan demi terwujudnya kesejahteraan anggota.



Ketua,




MAHDUM
Pasirhuni, 07 Januari 2009
LM3 Ponpes Nurul Ulum
Sekretaris,




ENDANG MUBAROK


Demikian Contoh Proposal Permohonan Bantuan Peternakan Sapi. Mudah  - mudahan rencana anda membuka usaha kelompok peternakan ini diberikan kemudahan.


Contoh Proposal Permohonan Bantuan Peternakan Sapi | abdan syakuro | 5